Tempat Wisata Bersejarah Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Museum Konferensi Asia Afrika adalah salah satu wisata museum yang terletak di pusat kota Bandung, tepatnya di Jl. Asia Afrika Nomor 65. Wisata museum yang satu ini adalah memorabilia KAA (Konferensi Asia Afrika). Sebenarnya museum ini mempunyai hubungan begitu erat bersama Gedung Merdeka. Jika dilihat secara keseluruhan, bangunan Gedung Merdeka mempunyai 2 bangunan utama, pertama dinamakan sebagai Gedung Merdeka untuk lokasi sidang utama, sementara yang terletak di samping gedung tersebut yaitu Museum KAA sebagai ruang memorabilia KAA.

jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung
jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung

Gedung Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung

Latar belakang pembangunan museum yang satu ini yaitu keinginan para pemimpin dari bangsa-bangsa yang ada di Asia dan juga Afrika agar mengetahui tentang bangunan Gedung Merdeka tersebut dan sekitarnya sekaligus sebagai tempat KAA berlangsung. Sehingga membuat Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL. M sebagai Menteri Luar Negeri RI, mempunyai ide membangun museum. Dimana ide tersebut pun disampaikan lewat forum rapat dari panitia peringatan KAA yang ke 25 tahun yang telah dihadiri perwakilan Depdikbud, yakni Prof. Dr. Hayati Soebadjo. Lalu museum tersebut diresmikan di tanggal 24 April tahun 1980 yang bertepatan dengan hari peringatan KAA yang ke 25 tahun.

Sejarah Museum Konferensi Asia Afrika

Bangunan Museum Konferensi Asia Afrika sendiri merupakan saksi sejarah, dimana di kota Bandung tepatnya tanggal 18 sampai 24 April 1955 telah diselenggarakan hajatan akbar yang bertaraf internasional, dengan mempertemukan berbagai macam pemimpin bangsa-bangsa dari Asia dan Afrika. KAA sendiri pada tahun 1955 digagas bertujuan untuk mempersatukan sikap dan membangun kerjasama yang terjadi antar negara-negara Asia Afrika, sekaligus membantu terciptakanya perdamaian dan ketertiban dunia. Dengan begitu salah satu bentuk hasil sejarah dari konferensi internasional tersebut pada waktu itu yaitu dengan kehadiran Dasa Sila Bandung.

jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-ruangan
jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-ruangan

Dasa Sila Bandung sendiri menjadi pedoman dan semangat untuk negara-negara di benua Afrika dan Asia yang pada waktu itu masih terjajah, selain itu untuk berjuang mendapatkan hak-hak atas kemerdekaannya. Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadha menggagas pembangunan Museum Konferensi Asia Afrika tepat di Gedung Merdeka.. Adapun alasannya yaitu banyak dari kepala negara di benua Asia Afrika yang memiliki keinginan melihat serta mengunjungi tempat kelahiran Dasa Sila Bandung tersebut yang begitu bersejarah. Terutama dengan lahirnya negara-negara Asia Afrika yang sudah mendapatkan hak kemerdekaan.

Adapun pembangunan gedung Museum KAA sendiri pengerjaan proyeknya dijalankan PT. Decenta Bandung, dan diresmikan pertama kali oleh Presiden RI kedua, yakni Almarhum Presiden Soeharto tepatnya di tanggal 24 April tahun 1980. Dimana waktu itu sekaligus sebagai puncak dari peringatan KAA ke-25 tahun.

jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-diorama
jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-diorama

Tempat Wisata Bersejarah Museum KAA

Museum KAA sebagai tempat bersejarah di Bandung tersebut mempunyai konsep bangunan berupa Art Deco yang memiliiki lantai berbahan dasar marmer sengaja didatangkan secara langsung dari Italia yang begitu terkenal akan warnanya yang mengkilap dengan kualitas super. Sedangkan ruangannya sendiri terbuat dari bahan kayu Cikenhout, terkenal akan kekuatannya. Sementara penerangannya sendiri memakai lampu Kristal bias dengan memberikan pencahayaan yang gemerlap. Museum KAA sendiri di zaman penjajahan Belanda populer dengan sebutan Sociteit Concordia, dimana untuk orang Belanda berdomisili di kota Bandung pada waktu itu dikenal sebagai tempat wisata.

jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-jalan
jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-jalan

Jasa Sewa Bus Pariwisata Jakarta

Tertarik untuk berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika? Jika iya, kini Anda tak perlu khawatir saat membawa banyak rombongan. Untuk lebih menghemat budget, Anda bisa menggunakan jasa sewa bus pariwisata murah di situs www.jasabuspariwisata.com untuk pergi berwisata ke kota Bandung demi menikmati kemegahan gedung bangunan museum KAA. AJB Tour & Trans adalah agen bus pariwisata dimana anda bisa sewa bus pariwisata Jakarta untuk ke berbagai tujuan perjalanan Anda.

jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-bus-pariwisata
jasabuspariwisata-tempat-wisata-bersejarah-museum-konferensi-asia-afrika-bandung-bus-pariwisata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − five =

Open chat
1
Hallo..
Ada Yang Bisa Kami Bantu,,?