Menariknya Wisata ke Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Jawa Barat, berlokasi di kawasan Ciwidey. Objek wisata ini berupa danau akibat letusan dari Gunung Patuha. Terletak di kawasan Ciwidey, provinsi Jawa Barat, dengan lokasi sekitar 50 KM dari arah selatan Bandung. Seperti namanya, tanah di area objek wisata ini memiliki warna putih karena hasil pencampuran dari unsur belerang. Tak hanya tanahnya saja yang warnanya putih, keunikan lainnya dari tempat wisata ini yaitu air danaunya juga berwarna putih kehijauan serta bisa berubah warna, tergantung dari kadar belerang yang terdapat pada kawah tersebut, berikut berpengaruh dari cuaca dan suhunya.

jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung
jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung

Objek Wisata Kawah Putih Bandung

Kawah Putih terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian sekitar 2.400 mdpl lebih. Melalui ketinggiannya inilah, temperature udara yang ada di area objek wisata ini sangat dingin dan sejuk bersuhu 8 oC – 22 oC. Untuk itulah, bagi Anda yang berencana pergi ke tempat wisata populer di Bandung ini jangan lupa untuk mengenakan pakaian tebal atau jaket. Tak hanya dapat dinikmati keindahannya saja, kawah ini juga tak jarang dijadikan sebagai tempat aktivitas lainnya, seperti melukis, pengambilan gambar untuk film, foto prewedding, berkuda hingga mendaki.

Dibalik Keindahan Kawah Putih

Di zaman dahulu, sebelum tempat wisata di Bandung ini dibuka secara umum, masyarakat di daerah setempat percaya kawah ini menyimpan banyak cerita misteri dan juga angker sebab di sana ada banyak burung-burung yang mati ketika melintasi daerah kawah putih, hanya saja di tahun 1837-an ilmuwan yang berasal dari Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun pun membantah spekulasi masyarakat tersebut. Ia pun akhirnya melakukan penelitian dan menemukan fakta dimana banyaknya burung yang mati ketika melintasi kawasan objek wisata tersebut tak lain disebabkan oleh semburan dari lava belerang.

jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-prewedding
jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-prewedding

Objek wisata Ciwidey Bandung ini memiliki kandungan belerang yang begitu tinggi, sehingga di masa pemerintahan Belanda sendiri sempat didirikan sebuah pabrik belerang, dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih hingga akhirnya usaha tersebut dilanjutkan di zaman pemerintahan Jepang, lalu berganti nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey. Di tahun 1987-an PT. Perhutani unit III Jawa Barat, pun mulai mengembangkan tempat pariwisata ini sebagai objek wisata. Panorama alam danau Kawah Putih sendiri memang begitu mempesona.

jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-shuttle
jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-shuttle

Danaunya mempunyai ciri khas tersendiri dengan airnya yang dapat berubah warna, misalnya saja saat cuaca terang warnanya menjadi kebiru-biruan, berubah menjadi cokelat susu, hijau apel, tapi seringnya air danau tersebut berwarna putih dengan disertai kabut yang tebal di bagian atasnya. Objek wisata ini tak jarang dijadikan sebagai objek berfoto terutama foto pre wedding sebab menawarkan pemandangan latar belakang yang begitu cantik. Objek wisata ini dibuka mulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore, tiap harinya. Adapun fasilitas yang terdapat di kawah ini sudah begitu memadai, misalnya saja terdapat mushola, area parkir, pusat informasi, transportasi transit hingga warung-warung jajanan dan makanan.

jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-tol
jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-tol

Akses Menuju Kawah Putih

Untuk tiba di objek wisata Bandung ini pengunjung dapat memanfaatkan rute perjalanan seperti berikut : untuk pengunjung yang berasal dari luar kota Bandung memakai mobil bisa melewati area keluar pintu tol Kopo, melalui sayati kemudian dilanjutkan menuju Soreang. Lalu dari Soreang perjalanan dilanjutkan menuju Ciwidey, tibalah Anda di lokasi wisata Kawah Putih. Sementara rute alternative sendiri dapat menggunakan jalur perjalanan ke tol Buah Batu.

jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-akses-jalan
jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-akses-jalan

Sewa Bus Pariwisata ke Kawah Putih

Setelah Anda membaca semua penjelasan tentang objek wisata Kawah Putih di Ciwidey ini, tentu Anda tak ragu lagi memilih tempat wisata ini sebagai tujuan wisata bersama keluarga besar. Nah, bagi Anda warga Jakarta yang ingin berwisata ke Kawah Putih Bandung, bisa menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta. Dengan memakai bus pariwisata secara rombongan, tentu lebih memudahkan Anda berkeliling ke tempat-tempat wisata menarik di Bandung. Untuk pemesanan sewa bus pariwisata murah, Anda bisa mengunjungi situs web www.jasabuspariwisata.com!

jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-bus-pariwisata
jasabuspariwisata-menariknya-wisata-ke-kawah-putih-ciwidey-bandung-bus-pariwisata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − 5 =

Open chat
1
Hallo..
Ada Yang Bisa Kami Bantu,,?