Anda tentu setuju kalau aktivitas liburan harus dilakukan dengan aman dan nyaman. Tanpa kedua faktor tersebut, liburan bisa berubah menjadi momen yang tidak mengenakkan. Pengalaman liburan pun akan semakin lebih menyenangkan kalau melakukannya dengan berbalut kemewahan. Semua itu bisa Anda peroleh ketika memilih liburan menggunakan mobil Toyota Hiace.

Hiace merupakan jenis kendaraan komersial berbentuk minibus yang diluncurkan oleh Toyota pertama kalinya pada tahun 1967. Sejak itu, Hiace memperoleh sambutan yang sangat positif di pasaran. Sebagai buktinya, hingga 2018, Toyota telah mengeluarkan 5 generasi Hiace.

Popularitas Toyota Hiace di segmen commercial minivan sangat dominan. Pada tahun 2017, pihak Toyota Astra Motor berhasil melakukan penjualan mencapai 2.543 unit, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yang berada pada angka 2.251 unit. Dengan jumlah penjualan sebanyak itu, Hiace mendominasi pasar commercial minivan dengan persentase mencapai 91,3%.

Pemanfaatan Toyota Hiace juga cukup beragam. Kendaraan ini tidak hanya berguna sebagai mobil penumpang, di waktu yang sama, juga berguna ketika dipakai sebagai transportasi kargo. Tidak ketinggalan, ada pula Hiace yang sengaja didesain untuk keperluan khusus, termasuk di antaranya adalah sebagai mobil ambulans.

 

Mengetahui Perbedaan Hiace Std Manual, Commuter, dan Luxury

Untuk segmen commercial van, Toyota menyediakan 3 model Hiace yang bisa dimanfaatkan. Tiga jenis Hiace tersebut adalah, Hiace Standard Manual, Commuter, serta Luxury. Ketiganya memiliki jenis mesin serta ukuran bodi yang serupa. Namun, dari ketiganya, Hiace Standard merupakan produk dengan harga termurah, sementara Luxury hadir dengan banderol paling mahal.

Kalau ketiganya memiliki ukuran bodi dan mesin yang sama, lalu apa yang menjadi perbedaannya? Untuk memperoleh jawaban dari pertanyaan itu, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui spesifikasi dari mobil ini.

Hiace memiliki desain bodi dengan panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 2.285 mm. Anda bisa melihat jarak poros roda pada kendaraan ini adalah sejauh 2.285 mm dengan berat kosong adalah 2.030 kg.

Mobil ini hadir dengan 5 transmisi kecepatan manual dengan mesin model 2KD-FTV dengan 4 silinder. Mesin ini memiliki kapasitas 2.494 cc dengan dan mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 102 ps pada 3.600 rpm. Selanjutnya, minibus ini punya torsi maksimum sebesar 26,5 kgm pada 2.400 rpm. Mesin yang sama bisa Anda jumpai pada beberapa produk mobil Toyota lain, seperti Hilux serta Fortuner.

Kombinasi daya dan torsi maksimum pada Hiace membuatnya mampu melaju dengan cepat meski seluruh tempat duduk di dalamnya terpenuhi, mencapai 150 km per jam. Konsumsi bahan bakarnya juga hemat, sekitar 12-15 liter per km.  Lebih lanjut, mesin pada Toyota Hiace ini adalah mesin dengan bahan bakar diesel. Tangki untuk penyimpanan bahan bakar pun sangat besar, mencapai 70 liter.

Semua spesifikasi tersebut bisa Anda temukan pada segala tipe Toyota Hiace. Perbedaan ketiga tipe Hiace yang kini bisa dijumpai di pasaran hanya terletak pada interior dan eksteriornya.

  • Interior dan Eksterior Hiace Standard
Interior dan Eksterior Hiace Standard - Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace

Interior dan Eksterior Hiace Standard – Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace – cpsafrica

Model Hiace Standard memiliki desain bodi yang terlihat memanjang dengan pintu geser yang ada pada bagian samping. Desain pintu yang lebar seperti ini memberi kemudahan bagi penumpang yang ingin masuk ke dalamnya,. Dari depan, Anda akan mendapati ukuran head lamp yang besar terlihat sangat mencolok.

Di bagian dalam, Anda akan menemukan total sebanyak 16 tempat duduk yang disusun dengan konfigurasi 3-3-3-3-4. Setiap tempat duduk pada Hiace Standard dibuat dengan balutan bahan vinyl dan seat belt. Selain itu, tiap andaran juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan serta cup holder.

  • Interior dan Eksterior Hiace Commuter
Interior dan Eksterior Hiace Commuter - Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace

Interior dan Eksterior Hiace Commuter – Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace – vamptmotors

Tipe Commuter, hadir dengan penampilan yang cukup mirip dengan model standard. Namun, selain menawarkan head lamp berukuran besar, Hiace Commuter juga sudah dilengkapi dengan fog lamp yang berguna untuk menyusuri jalanan penuh kabut.

Seperti halnya model Standard, Hiace Commuter juga memiliki kapasitas 16 tempat duduk. Konfigurasi kursi pada Hiace Commuter didesain dalam bentuk 3-3-3-3-4 dengan keberadaan lorong pada baris ketiga dan keempat.

Dengan kapasitas sebanyak itu, Hiace Commuter bersama dengan Hiace Standard menjadi pilihan tepat saat liburan bersama keluarga besar. Kapasitas 16 orang (termasuk pengemudi) pada kedua jenis Toyota Hiace itu bisa memuat 2 keluarga sekaligus.

Selanjutnya, tipe Commuter juga sudah dilengkapi dengan sistem anti-lock braking system (ABS) dan power window. Fitur ABS yang bisa dijumpai pada Hiace Commuter memberi jaminan bahwa ban tidak terkunci ketika dilakukan pengereman secara mendadak.

Hal ini sangat berdampak pada keamanan ketika berkendara. Kalau tidak ada fitur ABS, mobil Hiace bakal mudah oleng karena tidak stabil ketika ban tiba-tiba terkunci. Apalagi, mobil ini termasuk memiliki kapasitas penumpang yang banyak dan butuh kestabilan tinggi.

Tidak ketinggalan, mobil ini juga memiliki dual SRS airbags yang berguna untuk memberi perlindungan kepada pengemudi dan penumpang. Dengan adanya airbags yang berlokasi di kursi terdepan, dampak yang terjadi kalau timbul tabrakan bisa diminimalkan.

  • Interior dan Eksterior Hiace Luxury
Interior dan Eksterior Hiace Luxury - Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace

Interior dan Eksterior Hiace Luxury – Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace – toyota.astra

Sementara itu, Hiace Luxury merupakan model tertinggi dari Toyota Hiace. Pada bagian luar, kesan mewah sudah bisa dilihat dari mobil ini, apalagi kalau dibandingkan dengan tipe Standard ataupun Commuter. Perbedaan itu bisa dilihat secara menyeluruh, mulai dari bagian bawah hingga atas.

Di bagian bawah, terlihat Toyota Hiace Luxury memiliki pelek alloy wheel dengan ban berukuran 195/R15 yang memberi kesan kokoh. Selain itu, bagian radiator grille, kaca spion, pegangan pintu, serta tulisan emblem Luxury di bagian belakang juga dirancang lebih menarik dengan tambahan chrome package.

Di bagian dalam, kesan mewah akan langsung bisa Anda rasakan. Mobil ini memiliki kapasitas yang lebih sedikit, hanya ada 11 tempat duduk. Alhasil, suasana di dalam mobil akan terasa sangat lengang dan lebih lega. Sembilan tempat duduk itu diatur dengan konfigurasi 3-2-2-4.

Semua tempat duduk di dalam Hiace Luxury terbuat dari bahan kulit. Khusus pada baris pertama dan kedua, tempat duduknya dibuat secara khusus dengan desain seperti captain seat. Lebih lanjut, kursi pada mobil ini juga punya folding table lengkap dengan cup holder.

Dari segi fasilitas hiburan, Toyota Hiace Luxury juga punya fitur yang lebih mewah. Di bagian head unit, Anda bisa mendapati audio video AVX berukuran 6 inci yang terlihat elegan. Sebagai tambahan, mobil ini juga memiliki fitur parking sensor, sistem pengereman ABS, serta dual SRS airbags.

 

Keunggulan Menggunakan Toyota Hiace

Keunggulan Menggunakan Toyota Hiace - Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace

Keunggulan Menggunakan Toyota Hiace – Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace – cpsafrica

Ketika menggunakan Toyota Hiace untuk keperluan liburan bersama keluarga, Anda akan menemukan 5 keuntungan utama, yaitu:

  • Nyaman

Keuntungan pertama yang bisa diperoleh ketika liburan dengan kendaraan ini adalah kenyamanan. Hiace memiliki suspensi yang mampu meredam goncangan secara signifikan. Di bagian depan, Toyota menggunakan teknologi suspensi double wishbone.

Teknologi ini memiliki bentuk yang kokoh sehingga mampu mencengkeram roda agar tidak mudah berpindah dari posisi aslinya. Di waktu yang sama, kemampuannya untuk meredam goncangan dari segala arah, baik dari depan, atas, ataupun samping, sangat baik.

Sementara itu, di bagian belakang pihak Toyota menyematkan sistem suspensi berbeda, yakni leaf spring riqid axle. Sistem suspensi ini memang kerap digunakan pada kendaraan dengan beban yang besar, seperti truk, bus, serta mobil penumpang. Keuntungan dari sistem suspensi ini adalah memiliki konstruksi yang sederhana serta tahan terhadap goncangan.

Selain itu, ketika Anda liburan bersama si kecil atau ada salah satu penumpang yang tertidur, bisa dipastikan bakal tidur dengan lelap. Bukan hanya karena laju kendaraan yang mulus. Di waktu yang sama, kabin mobil Toyota ini juga memiliki desain yang mampu menyerap suara dengan cukup baik.

Ketika berada di dalam mobil, Anda tidak akan mendapati suara bising mesin kendaraan. Alhasil, Anda bisa beristirahat dengan tenang selama perjalanan. Kalau mau, bisa pula memilih untuk membuka jendela samping yang berukuran besar untuk menikmati pemandangan.

Kenyamanan saat berkendara dengan Hiace tak hanya bisa diperoleh berkat sistem suspensi yang canggih dan suasana yang tak berisik di dalamnya. Mobil ini juga memiliki kabin berukuran luas yang memungkinkan Anda untuk bergerak lebih bebas. Apalagi, ketika Anda memilih untuk liburan bersama keluarga menggunakan Hiace Luxury.

  • Irit bahan bakar

Pemakaian mobil dari Toyota ini juga memberikan keleluasaan pada isi dompet Anda. Ketika menggunakannya, bisa dipastikan Anda tidak perlu terlalu pusing ketika melakukan pengisian bahan bakar. Hiace dengan mesin dieselnya, terkenal sebagai salah satu kendaraan yang memiliki konsumsi bahan bakar yang hemat. Ditambah lagi, kapasitas tangki bahan bakar Hiace juga sangat besar, mencapai 70 liter.

  • Kapasitas besar

Hiace menyediakan kendaraan dengan desain mewah dan punya kapasitas yang besar. Lewat kendaraan ini, Anda bisa melakukan perjalanan wisata bersama keluarga atau rekan kantor secara nyaman. Satu kendaraan, bisa ditempati untuk 15 penumpang sekaligus. Itu pun bisa diperoleh dengan tanpa harus berdesak-desakan ketika berada di dalamnya.

  • Tempat duduk yang nyaman

Kelebihan berikutnya dari Hiace adalah desain tempat duduk yang nyaman. Hiace Standard yang merupakan versi terendah sekalipun, dilengkapi dengan tempat duduk empuk berlapis vinyl. Kalau ingin lebih nyaman lagi, bisa memilih Hiace Luxury yang menyediakan tempat duduk berlapis kulit dengan desain captain seat.

Tidak hanya itu, para penumpang juga bisa mengatur tingkat kemiringan sandaran tempat duduk. Jarak antara tiap baris tempat duduk juga cukup jauh, sehingga Anda bisa duduk posisi lutut yang nyaman. Apalagi, jok paling belakang juga bisa dilipat kalau bepergian dengan jumlah penumpang yang sedikit dan membawa barang banyak.

  • Aman

Keamanan juga menjadi prioritas selama berkendara dengan Toyota Hiace. Di bagian depan, Anda akan mendapati sistem dual SRS airbags yang memberi perlindungan ketika mobil mengalami kecelakaan. Selain itu, setiap tempat duduk juga telah dilengkapi dengan seat belt, termasuk tempat duduk di jok paling belakang.

Lebih lanjut, Hiace juga dilengkapi dengan kamera belakang yang berguna ketika menggerakkan mobil secara mundur. Lewat kamera itu, pengemudi tidak perlu menoleh atau melihat spion ketika ingin memarkirkan kendaraan. Semuanya bisa ditampilkan lewat layar yang ada di dashboard.

Sabuk pengaman yang ada pada setiap kursi juga memberi jaminan keamanan kepada seluruh penumpang. Sabuk pengaman yang dimiliki oleh Hiace juga memiliki desain khusus. Desain tersebut memungkinkan sabuk ini untuk menjaga agar tubuh pengemudi dan penumpang tidak terlalu menjorok ketika terjadi benturan.

Dengan begitu, tubuh tidak akan berada dalam posisi terlalu tertarik. Hal ini bisa dicapai berkat adanya semacam kantung udara yang bisa dijumpai pada pangkal sabuk pengaman. Dengan sistem pengaman seperti ini, penggunaan seat belt tidak akan mempengaruhi kenyamanan selama berkendara.

 

Sewa Toyota Hiace untuk Keperluan Liburan Memberi Keuntungan Lebih Banyak

Sewa Toyota Hiace untuk Liburan Memberi Keuntungan Lebih Banyak - Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace

Sewa Toyota Hiace untuk Liburan Memberi Keuntungan Lebih Banyak – Pengalaman Liburan Aman, Nyaman, dan Mewah Bersama Toyota Hiace – youtobe

Dengan beragam fitur yang dimilikinya, pemakaian Hiace untuk keperluan bepergian secara rombongan memberi banyak kelebihan. Anda bisa tetap merasa nyaman di dalam kendara tanpa harus berdesak-desakan. Apalagi, Hiace juga menyediakan opsi kendaraan lebih mewah dengan Hiace Luxury.

Alih-alih membeli, alangkah lebih baik kalau Anda menggunakan layanan penyewaan Hiace. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar, termasuk di antaranya adalah biaya pemelihraan. Apalagi, saat ini sudah banyak perusahaan travel yang menggunakan tipe kendaraan ini dalam melayani para pelanggannya. Hanya saja, pastikan untuk memiliki jasa travel yang tepat dengan pelayanan nomor satu.

Untuk memperoleh pelayanan terbaik selama bepergian, AJB Tours & Trans menjadi pilihan yang tepat. Kami menyediakan layanan penyewaan untuk keperluan transportasi wisata dengan kualitas yang terbaik, termasuk di antaranya adalah Hiace. Anda pun bisa memilih antara menggunakan Hiace Standard ataupun Hiace Luxury.

Ada 5 keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika menggunakan layanan penyewaan Hiace dari AJB Tours & Trans,yakni:

  • Pilihan kendaraan yang komplet

Di sini, Anda tidak hanya bisa menjumpai Toyota Hiace. Di waktu yang sama, tersedia pula beragam jenis kendaraan lain yang bisa disesuaikan dengan jumlah rombongan, termasuk di antaranya adalah Isuzu Elf dan bus pariwisata.

  • Harga yang jujur

Layanan penyewaan transportasi wisata yang disediakan oleh AJB Tours & Trans memberi kejujuran kepada para pelanggan. Harga sewa bisa secara langsung dilihat di situs resmi kami yang beralamat di www.jasabuspariwisata.com. Di situ, Anda bisa menemukan informasi komplet mengenai tarif sewa untuk beragam jenis kendaraan yang bisa dipakai, dapat disesuaikan dengan bujet yang telah disiapkan.

  • Aman dan tepercaya

Layanan penyewaan Hiace dan bus pariwisata yang dari AJB Tours & Trans memberi jaminan keamanan kepada setiap pelanggan. Anda tidak perlu khawatir menjadi korban penipuan, apalagi kami memiliki alamat kantor serta nomor telepon yang jelas.

  • Pelayanan selama 24 jam penuh

Pelayanan sewa Hiace dan bus pariwisata yang kami sediakan juga bisa diakses selama 24 jam. Anda tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan penyewaan kendaraan. Cukup dengan menghubungi situs resmi atau menelepon hotline 081276714995, pemesanan sudah bisa dilakukan.

  • Pelayanan terbaik

Terakhir, ketika menggunakan layanan dari AJB Tours & Trans, kepuasan pelanggan merupakan hal yang utama. Anda akan memperoleh kepastian untuk mendapatkan armada pariwisata yang datang ke lokasi pemberangkatan sesuai jadwal. Tidak hanya itu, apapun armada yang Anda sewa, bisa secara langsung digunakan dan hadir dalam kondisi bersih.

Dengan 5 keuntungan penyewaan kendaraan yang ditawarkan oleh AJB Tours & Trans tersebut, tidak heran kalau banyak pelanggan yang puas. Total, lebih dari 500 pelanggan dari Jakarta dan sekitarnya telah menggunakan layanan kami. Anda bisa menggunakan pelayanan penyewaan ini untuk liburan ke berbagai tempat wisata di Indonesia, termasuk di antaranya adalah objek wisata yang ada di Sumatera, Jawa Timur, ataupun Nusa Tenggara Barat.

Jadi, tunggu apa lagi? Kalau Anda ingin liburan bersama keluarga, teman sekolah, atau rekan kantor, segera kunjungi AJB Tours & Trans di Jasabuspariwisata.com atau di nomor telepon 081276714995. Dijamin, bakal puas dengan pelayanan kami.