Toyota pertama kali meluncurkan seri Hiace pada tahun 1967. Ditujukan untuk kelas komersial menengah, hingga saat ini Hiace sudah smapai di generasi kelima dan digunakan secara luas untuk berbagai keperluan komersial.

Sejak generasi ketiga, Hiace mulai mengeluarkan seri dengan panjang sumbu roda yang beragam. Ini lebih mendukung lagi kompatibilitas Hiace untuk berbagai jenis konfigurasi dan modifikasi. Di beberapa negara, Hiace memiliki varian pick-up, minibus atau van, serta atap tinggi.

Anda mungkin sudah sering melihat berbagai varian Hiace lalu-lalang di jalan. Dari mulai shuttle bus dalam kota, mobil official perusahaan, hingga dimodifikasi menjadi ambulans. Ukurannya yang besar dan mesin yang irit nampaknya membuat Hiace unggul untuk dimodifikasi menjadi berbagai jenis mobil.

Di Indonesia sendiri, Hiace memang lebih banyak digunakan untuk kegiatan komersial atau untuk mendukung bisnis tertentu. Salah satunya adalah di bidang pariwisata. Mesin yang andal, interior nyaman, dan kemungkinan modifikasi yang beragam membuat Hiace semakin unggul di kelasnya.

 

Kemampuan Mesin untuk Perjalanan Panjang

Kemampuan Mesin untuk Perjalanan Panjang - Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga

Kemampuan Mesin untuk Perjalanan Panjang – Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga – cpsafrica

 

Sesuai dengan kebutuhan pengguna, Hiace menyediakan lima jenis mesin dengan kapasitas yang berbeda-beda. Selain mesin bensin biasa, Hiace juga memiliki varian mesin turbodiesel dan turbocharge. Walaupun berkapasitas lebih besar, kedua varian mesin tersebut ternyata memberikan performa yang luar biasa saat Hiace dipacu untuk perjalanan jauh.

Hiace memiliki kapasitas bensin yang cukup besar yaitu hingga 70 liter. Ini berarti, perjalanan panjang bisa ditempuh tanpa harus mengisi bensin terlalu sering. Hal tersebut tentu juga akan menghemat waktu dan Anda akan sampai di tempat tujuan lebih cepat.

Mesin yang mumpuni membuat mobil Handal dalam menjalani berbagai medan jalan yang akan dihadapi pada saat berwisata. Ini membuktikan, bentuk body yang terkesan bulky tidak mengurangi manuver dan kelincahan mobil. Jika didukung dengan interior yang mewah, Hiace memang menjadi pilihan mobil yang tepat untuk perjalanan rombongan atau keluarga.

 

Mengenal Jenis dan Kapasitas Hiace

Mengenal Jenis dan Kapasitas Hiace - Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga

Mengenal Jenis dan Kapasitas Hiace – Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga – tuasd

 

Pada umumnya, mobil Hiace menawarkan tiga jenis kapasitas yaitu 6, 9, dan 15 kursi. Bagi Anda yang bepergian bersama keluarga besar yang tidak cukup menggunakan satu mobil biasa, menyewa Hiace adalah solusinya.

Yang lebih menariknya lagi, khusus Hiace dengan 6 dan 9 kursi, interior dibuat lebih elegan sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman. Berikut adalah sekilas informasi mengenai spesifikasi masinng-masing jenis Hiace keluaran Toyota.

 

Hiace STD Manual

Tipe STD Manual memiliki kapasitas hingga 16 orang termasuk supir. Dari baris paling depan, formasi kursinya adalah 3-3-3-3-4. Pengaturan yang baik membuat jarak antar baris tidak sempit dan menyediakan ruang yang cukup untuk kaki penumpang.

Setiap kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman sehingga aman bagi seluruh penumpang. Salah satu kekurangannya adalah tipe STD Manual ini belum dilengkapi dengan alarm mobil sehingga penguncian masih dilakukan secara manual. Namun untuk segi kenyamanan penumpang, Hiace STD Manual sudah bisa dikatakan memadai.

 

Hiace Commuter Manual

Hiace Commuter Manual - Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga

Hiace Commuter Manual – Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga – drive

 

Hiace Commuter Manual ini adalah tipe yang paling sering digunakan pada bisnis travel atau wisata. Untuk rombongan kecil berjumlah 9 hingga 16 orang, mobil van ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Fitur bawaan dari Hiace Commuter Manual tidak jauh berbeda dengan tipe STD Manual, tetapi perusahaan wisata di Indonesia biasanya menyediakan versi modifikasi dengan fitur tambahan seperti televisi LCD dan kursi yang lebih nyaman.

 

Hiace Commuter Manual Luxury

Tipe ini adalah tipe terbaru sebelum diluncurkannya New Hiace Luxury. Dengan konfigurasi kursi yang lebih sedikit yaitu 6 dan 9 kursi, Hiace Commuter Manual Luxury menawarkan ruang yang lebih lega untuk setiap penumpang. Di dua baris di belakang supir, kursi menggunakan tipe Captain yang bisa bergeser ke empat arah untuk kenyamanan.

Modifikasi tambahan seperti televisi LCD, sistem hiburan musik dan karaoke, serta plugin charger untuk gadget, Toyota Hiace Commuter Manual Luxury memang menjadi kendaraan yang elegan dan mewah sesuai dengan namanya.

 

Mau Liburan? Tips Memilih Penyewaan Mobil Hiace yang Baik

Mau Liburan? Tips Memilih Penyewaan Mobil Hiace yang Baik - Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga

Mau Liburan? Tips Memilih Penyewaan Mobil Hiace yang Baik – Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga – Youtube

 

Jika dilihat dari spesifikasi, Toyota Hiace memang pilihan yang baik untuk rombongan yang tidak terlalu besar. Jadi, bagi Anda yang ingin berlibur, mudik, atau berwisata bersama keluarga, Hiace adalah pilihan yang tepat.

Menyewa mobil seperti Hiace memang menjadi solusi ketika rombongan yang Anda bawa berjumlah terlalu banyak untuk mobil MPV tetapi tidak cukup banyak untuk menggunakan bus atau minibus. Namun, sebelum menyewa Hiace, sebaiknya ketahui dulu hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan.

  • Jumlah Kursi

Di jasa bus pariwisata, Anda bisa memilih jumlah kursi Hiace yang sesuai dengan kebutuhan. Mobil Hiace standar memiliki jumlah kursi 16 termasuk supir. Dengan kata lain, Anda bisa membawa rombongan yang berjumlah sekitar 15 orang.

Untuk ruang yang lebih luas dan fasilitas yang lebih nyaman, Anda pun bisa memilih Hiace Luxury dengan jumlah kursi 6 atau 9 orang. Untuk perjalanan yang cukup jauh, Hiace Luxury ini memang bisa dapat meminimalisir rasa pegal pada kaki karena lama duduk.

  • Kondisi Mobil

Jasa bus pariwisata yang baik akan memberitahukan spesifikasi dan kondisi mobil secara detail. Sebaiknya, pilih mobil Hiace yang lebih baru. Biasanya, mobil dengan tahun yang lebih muda masih memiliki kondisi interior yang baik.

Hindari memilih kendaraan yang berusia terlalu tua karena lebih rentan terhadap masalah seperti mogok atau sejumlah permasalah teknis lainnya. Tentunya Anda tidak mau perjalanan terhambat karena kondisi mesin mobil bermasalah, bukan.

  • Fasilitas di Dalam Kabin

Untuk perjalanan yang jauh, fasilitas dalam kabin adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Anda memerlukan kabin yang nyaman karena Anda mungkin saja tertidur selama perjalanan.

Pilihlah jasa bus pariwisata yang menyediakan mobil berfasilitas lengkap seperti televisi, AC, reclining seat, hiburan di dalam mobil, serta tempat untuk mengisi data gadget Anda. Semua fasilitas tersebut bisa Anda temukan di AJB Tour & Trans, penyedia bus pariwisata untuk berbagai kebutuhan.

  • Harga

Dalam menentukan harga, ada baiknya Anda membandingkan beberapa harga sewa mobil Hiace yang ada. Bandingkan juga dengan spesifikasi mobil untuk mengetahui apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan.

Namun, ingat juga bahwa mobil yang lebih nyaman dan mewah biasanya memiliki harga sewa yang cukup tinggi. Jadi, sesuaikan keinginan dengan bujet yang Anda tetapkan.

  • Ketentuan Mengenai Supir

Menyewa mobil Hiace bukan seperti menyewa mobil kecil biasa. Jika mobil biasa bisa disewa tanpa menggunakan supir, lain halnya dengan Hiace. Karena Hiace termasuk mobil berukuran menengah, supir pun harus berpengalaman dalam mengendarai mobil.

Selain itu, pastikan  apakah ada fasilitas lain yang Anda dapatkan selain supir. Biasanya, harga sewa yang ditawarkan sudah termasuk jasa supir yang mengantar kita sampai ke tujuan.

Ingat, Anda berhak menegur apabila supir tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Sebaliknya, jika Anda sebagai pengguna mendesak supir untuk melanggar peraturan, semua risiko akan dibebankan kepada Anda.

 

Mempersiapkan Perjalanan dengan Mobil Sewaan

Mempersiapkan Perjalanan dengan Mobil Sewaan - Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga

Mempersiapkan Perjalanan dengan Mobil Sewaan – Toyota Hiace, Pilihan Terbaik untuk Perjalanan Rombongan dan Keluarga – busnews

 

Jika Anda berencana untuk mudik, berwisata, atau bepergian ke luar kota menggunakan mobil sewaan, sebaiknya Anda melakukan persiapan dengan matang. Selain menyelesaikan soal menyewa mobil, Anda pun harus mempersiapkan fisik dan barang bawaan selama perjalanan.

Jangan sampai, Anda menemui masalah di jalan karena kurang persiapan. Untuk itu, simak beberapa tips berikut:

Hitung Waktu Perjalanan dengan Matang

Biaya sewa mobil biasanya dihitung berdasarkan jumlah hari sewa. Jadi, Anda harus memperkirakan lama perjalanan dari mulai berangkat hingga pulang lagi ke tempat semula. Hitung juga waktu berwisata di masing-masing tempat, waktu beristirahat, dan beri porsi waktu untuk hal-hal yang tak terduga selama perjalanan. Untuk menentukannya, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak travel atau penyewa mobil yang lebih berpengalaman dalam perjalanan jauh.

Siapkan Itinerary Perjalanan

Selain waktu perjalanan, Anda pun harus menentukan tujuan, terlebih lagi jika lebih dari satu tempat. Bahan bakar, lokasi transit dan istirahat, serta rute perjalanan harus dipersiapkan dengan matang. Tanpa adanya itinerary, sangat sulit untuk mampir ke tempat wisata secara spontan. Jadi, pastikan Anda sudah melakukan riset lokasi tujuan sebelum berangkat berwisata.

Masukkan Biaya Supir dalam Bujet Perjalanan

Jika Anda menyewa mobil Hiace, ini berarti harga sewa sudah termasuk upah supir. Namun, jangan abaikan biaya makan, minum, dan kudapan supir tersebut. Terlebih lagi jika Anda menginap, atau jika supir harus menunggu lama di suatu tempat. Bagaimanapun, supir harus mendapatkan istirahat yang cukup dan layak untuk melanjutkan perjalanan.

Pesan dari  Jauh Hari

Terutama jika Anda menyewa Hiace untuk masa liburan atau mudik, sebaiknya booking mobil dari jauh hari. Pada saat high season, mobil sewaan biasanya sudah penuh terpesan. Selain itu, semakin dekat dengan masa liburan, harga sewa bisa saja naik menjadi lebih mahal.

Pada saat booking, jangan lupa untuk memberikan uang muka kepada pihak travel untuk mengamankan pesanan Anda. Kalau ternyata ada perubahan atau pembatalan jadwal, usahakan untuk memberi informasi kepada pihak travel mengenai hal tersebut.

Gunakan Asuransi Perjalanan

Beberapa tempat penyewaan Bus dan Hiace memberikan opsi asuransi perjalanan sebelum Anda menyewa kendaraan. Ini sebenarnya hanya untuk berjaga terutama karena apa pun bisa terjadi di jalan. Dengan adanya asuransi, Anda sebagai penumpang akan merasakan perjalanan yang lebih aman. Pemilik mobil pun akan lebih tenang menyewakan mobilnya.

Buat Daftar Barang Bawaan

Pastikan tidak ada yang tertinggal dengan membuat daftar barang bawaan. Selain pakaian dan barang pribadi lainnya, sebaiknya juga siapkan kudapan dan minuman untuk selama perjalanan di dalam mobil. Kalau Anda membawa anak kecil, kudapan dan mainan adalah hal yang esensial untuk mencegah mereka merasa bosan di jalan.

Selain itu, jangan lupa juga membawa obat-obatan standar seperti obat demam, flu, diare, anti mabuk perjalanan, dan alergi. Penyakit tersebut biasanya sering terjadi pada perjalanan jauh. Agar semua anggota rombongan sehat, membawa perbekalan obat adalah sebuah keharusan.

Mendapatkan mobil sewaan yang baik dan berkondisi prima bukan hanya bergantung pada Anda sebagai pengguna, tetapi juga pada penyewa mobil atau pihak travel. Dibutuhkan kerja sama dan rasa percaya antara Anda dan pihak travel agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar.

Di AJB Tour & Trans, Anda dapat menemukan berbagai pilihan bus, minibus, dan van seperti Hiace untuk mengakomodasi perjalanan Anda. Sebelum mulai menyewa, Anda pun bisa berkonsultasi terlebih dahulu terkait kebutuhan dan bujet Anda untuk menyewa mobil.

Mengapa AJB Tour & Trans?

AJB Tour & Trans sudah memiliki pengalaman tahunan di bidang penyewaan bus, minibus, dan van. Dengan pengalaman itulah, AJB Tour & Trans mengerti kebutuhan pengguna akan kendaraan yang prima, aman, dan nyaman untuk digunakan bepergian. Selain Hiace Standard dan Luxury, kendaraan lain yang bisa Anda sewa dari AJB Tour & Trans adalah:

  • Big Bus seat 2-3 kapasitas 54, 59 kursi
  • Big Bus seat 2-2 kapasitas 37, 40, 43, 47 kursi
  • Big Bus Super Executive seat 2-1 kapasitas 21, 23, 27 kursi
  • Big Bus Premium/Luxury Class kapasitas 11, 12, 15 kursi
  • Medium Bus seat 2-2 kapasitas 25, 27, 29, 31, 33, 35 kursi
  • Medium Bus Super Executive seat 2-1 kapasitas 16, 18 kursi
  • Medium Bus Premium/Luxury Class kapasitas 12 kursi
  • ELF kapasitas 9, 11, 13, 15, 17, 19 kursi
  • Coaster kapasitas 17, 18, 23 kursi
  • Sprinter kapasitas 12, 21 kursi

Dengan beragam pilihan tersebut, Anda dapat memilih armada atau kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan rombongan. Selain itu, empat alasan berikut bisa dijadikan pertimbangan mengapa Anda membutuhkan AJB Tour & Trans untuk menjadi partner perjalanan Anda:

  • Armada yang Sesuai

Sesuai dengan ragam armada yang ada, Anda bisa berkonsultasi mengenai kendaraan yang cocok untuk perjalanan yang akan Anda tempuh. Semuanya bisa ditentukan tergantung jumlah penumpang, jarak tujuan, bujet, serta lama perjalanan.

  • Harga Terbaik

Karena AJB Tour & Trans juga melayani pemesanan bus, minibus, dan van dari berbagai PO, Anda dapat menemukan kendaraan yang cocok dengan anggaran. Bukan hanya Hiace Standard, Anda pun boleh memilih Hiace Luxury atau bus mewah lainnya jika sesuai dengan kebutuhan.

Namun, harga sewa biasanya mencerminkan kualitas kendaraan.  Jadi, sebaiknya pilih kendaraan yang tidak terlalu murah untuk mendapatkan jaminan kenyamanan perjalanan.

  • Pemesanan Bisa Dilakukan Secara Online

AJB Tour & Trans adalah salah satu dari sedikit jasa penyewaan bus dan kendaraan pariwisata yang beroperasi secara online. Jadi, Anda bisa berkonsultasi serta memilih kendaraan tanpa harus datang ke tempat.

Namun begitu, Anda tetap bisa datang untuk memastikan kondisi mobil. Setelah memilih kendaraan dan menyerahkan uang muka, Anda tinggal mempersiapkan diri dan barang bawaan. Satu hari sebelum berangkat, Anda akan mendapatkan detail mengenai crew atau supir yang bertugas untuk mengantar Anda.

  • Jangkauan Luas

AJB Tours & Trans bukan hanya beroperasi dari wilayah Jakarta dan sekitarnya saja. Anda yang berencana untuk berangkat dari luar kota menuju Jakarta juga bisa dilayani. Dengan jaringan dan rekanan penyedia kendaraan yang luas, AJB Tour & Trans bisa memenuhi kebutuhan Anda di berbagai kota besar di Indonesia.

Yang terpenting dalam memilih penyedia bus dan mobil sewaan adalah servisnya yang memuaskan. Proses sewa-menyewa membutuhkan kerja sama dan kepercayaan yang tinggi dari kedua belah pihak. Inilah mengapa, Anda harus hati-hati dalam memilihnya.

Untuk mendapatkan yang terbaik, segera hubungi AJB Tour & Trans melalui nomor telepon dan Whatsapp di 0812-7671-4995. Atau, dapatkan informasi lengkapnya di website Jasa Bus Pariwisata dari AJB Tour & Trans.

Yuk, tunggu apa lagi, mulai perjalanan Anda bersama armada tepercaya dari AJB Tour & Trans untuk pengalaman yang aman, nyaman, dan menyenangkan.