jasabuspariwisata-satu-tewas-akibat-truk-tabrak-bus-pariwisata

jasabuspariwisata-satu-tewas-akibat-truk-tabrak-bus-pariwisata

Kecelakaan jalan raya terjadi pada bus pariwisata dan truk yang terjadi di Jalan Daendels Desa Wonosari Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, Jumat (24/11) jam 09.00. Kernet truk bernama Sigit Nuryanto warga Sukorini Prambanan Klaten, tewas di tempat peristiwa kecelakaan. Total sejumlah 53 penumpang bus serta awak truk luka-luka.

Kecelakaan itu melibatkan bus bernomor polisi AA 1492 ED yang berpenumpang 50 siswa serta wali SD Banjarwaru Nusawungu Cilacap yang dikemudikan Wildan warga Bumiayu Brebes. Bus bertabrakan dengan truk tanpa ada muatan bernomor polisi B 9787 KC yang dikemudikan Dwi Hartanta warga Randusari Prambanan Klaten.

Menurut kernet bus Kuat Riyadi warga Dukuhwaluh Kembaran Banyumas menyebutkan, bus dalam perjalanan studi wisata ke beberapa objek di Yogyakarta. Ada dua bus jalan bersama-sama mengangkut beberapa ratus siswa SD serta orangtua dengan kecepatan lambat. ” Kendaraan naas yang saya tumpangi yaitu bus nomor dua, ” katanya.

Mendekati tempat kejadian peristiwa, tuturnya, tampak truk melaju kencang dari arah Yogyakarta dengan berjalan oleng. Truk berbelok ke kanan namun berhasil dijauhi atau dihindari oleh bus pertama, tetapi pada akhirnya menabrak bus ke-2.

jasabuspariwisata-satu-tewas-akibat-truk-tabrak-bus-pariwisata-2

jasabuspariwisata-satu-tewas-akibat-truk-tabrak-bus-pariwisata-2

Sisi kabin truk ringsek, sedangkan bus terguling melintangi jalan. ” Waktu kecelakaan keadaan hujan lebat, saya tidak paham kenapa truk oleng serta menabrak bus. Saat bus berhenti terguling, kami mengeluarkan anak-anak, ” ucapnya.

Warga setempat dengan dibantu polisi serta anggota TNI menolong evakuasi beberapa para korban. Korban luka dibawa ke Puskesmas Ngombol, RS Rizki Amalia Temon Kulonprogo serta RSUD Dr Tjitrowardoyo Purworejo. Namun kernet truk yang terluka kronis pada akhirnya tewas waktu dievakuasi serta jasadnya dibawa ke RS di Temon.

Kasi Trantib Kecamatan Ngombol Darmawan PS memperoleh laporan telah terjadi kecelakaan segera menuju tempat kejadian. ” Keadaan kendaraan cukup parah, penumpang berhasil dikeluarkan dari kendaraan tidak lama sesudah peristiwa. Saya sendiri bawa delapan korban luka ke Puskesmas Ngombol, ” jelasnya.

Disamping itu, Kasat Lalu Polres Purworejo AKP Himawan Aji Angga SIK menyebutkan, polisi dibantu warga mengevakuasi tubuh kendaraan. Sebab bus yang menutupi jalan mengakibatkan akses alternatif di Jawa Tengah bagian selatan itu tidak bisa dilewati. ” Sesaat body bus dapat digeser ke pinggir jalan, hingga akses Daendels kembali normal, ” katanya.

Pihak kepolisian masih tetap menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan itu. Tetapi berdasarkan info para saksi, tuturnya, truk diketahui melaju dengan kecepatan tinggi serta oleng sampai berlangsung kecelakaan. ” Masih dalam penyelidikan. Tetapi selain itu, kami juga menghimbau pemakai jalan yang lain untuk berhati-hati waktu melintasi Jalan Daendels, sebab ruasnya panjang serta lurus, membuat pengemudi mudah terlena, ” katanya. ( Baca juga: Polisi Desak Jalur Darurat di Flyover Kretek Brebes Segera Dibangun )