jasabuspariwisata-pembukaan-jalur-tol-mengurangi-kepadatan-lalu-lintas-di-pusat-kota-solo

jasabuspariwisata-pembukaan-jalur-tol-mengurangi-kepadatan-lalu-lintas-di-pusat-kota-solo

Selama digelarnya perhelatan mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dibuka sementara jalur fungsional tol Solo-Mantingan yang diklaim efektif untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Pusat Kota Solo.

Jalur tol fungsional ini dibuka dari dua arah. Kendaraan penyebab kemacetan dari arah Semarang dan Yogyakarta yang menuju ke Surabaya diarahkan masuk pintu tol di Ngasem, Colomadu, Karanganyar dan keluar ke Pungkruk, Sragen

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Ahdi Rizaliansyah kepada KR, Rabu (8/11/2017) mengatakan, “Cara ini efektif mengurangi kepadatan lalu lintas di Pusat Kota Solo sampai 40 persen. Apalagi, juga diberlakukan pengalihan arus di Kota Solo karena di wilayah Banyuanyar tempat penyelenggaraan resepsi harus steril. Lalu lintas di exit tol di Ngasem cukup landai. Belum terlihat lonjakan arus dari Sragen ke Semarang ataupun sebaliknya.”

Petugas di pintu tol tersebut juga mengarahkan mobil pribadi melewati jalur tol fungsional itu. Untuk jenis kendaraan penyumbang kemacetan seperti bus pariwisata dan truk menjadi sasaran utama  pengalihan arus.

Masih dilakukannya pengerjaan fisik dari PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selama pembukaan tol Solo-Mantingan tidak ditampik AKP Ahdi Rizaliansyah. Petugas kepolisian dari Boyolali, Sragen dan Karanganyar bersinergi untuk mengantisipasi kerawanan.

Beliau mengatakan,”Di tol Ngasem, disiagakan 12 petugas dari Polres Karanganyar.”

Kepolisian sengaja tidak merekomendasi pembukaan pintu tol di Klodran, Colomadu, lanjutnya.

Katanya,”Kalau Klodran dibuka untuk lalu lintas keluar masuk tol, maka kemungkinan terjadi kepadatan di Jalan Adi Sumarmo yang akan merembet hinggs ke lokasi resepsi di Banyuanyar. Termasuk di jalur vital wilayah Nanasan.

Pemberlakuan jalur fungsional tol Solo-Mantingan dimulai Rabu (8/11) pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Namun AKP Ahdi Rizaliansyah mengatakan, jalur itu kemungkinan akan dibuka lagi pada Kamis (9/11) mulai 06.00 WIB dengan pertimbangan wilayah Kota Solo masih macet akibat arus balik tamu undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Aryo Gunanto, General Manager PT SNJ meminta pengguna jalur tol fungsional itu tetap menjaga kecepatan maksimal 40 kilometer per jam. Diberlakukan juga perpindahan jalur di beberapa ruas yang belum siap dilewati.

Katanya,”Tidak semua ruas tol diberlakukan dua jalur. Ada ruas masih dibangun, sehingga diarahkan untuk berpindah jalur.”

Pemberlakuan jalur fungsional Tol Solo-Mantingan selama perhelatan mantu Presiden Jokowi berlangsung lancar berdasarkan pantauannya. Beliau juga mengingatkan pengguna mobil bisa mengisi cukup tangki BBM karena pihaknya tak menyediakan depot penjualan bahan bakar.

( Baca juga: Ribuan Relawan Memadati Sekitar Rumah Jokowi di Acara Midodareni )

Sumber: krjogja.com