Dalam sebuah acara pernikahan, urusan transportasi perlu mendapat perhatian khusus. Tidak hanya untuk kedua mempelai saja, tetapi juga untuk rombongan keluarga. Pengaturan keberangkatan rombongan lebih mudah dilakukan jika menggunakan mobil bus. Bayangkan jika berangkat sendiri-sendiri dengan mobil pribadi, akan lebih susah dikoordinasikan.

Dengan menempatkan rombongan keluarga pada satu atau lebih kendaraan besar seperti bus, panitia pernikahan juga lebih mudah memantau pergerakan rombongan dari lokasi keberangkatan menuju tempat resepsi. Tentu ini pun berpengaruh pada kelancaran acara. Perhitungan waktu dan jarak yang ditempuh juga harus akurat. Termasuk memperkirakan waktu dan lokasi keberangkatan, rute yang akan diambil, serta risiko terjebak macet.

Poin terakhir ini yang harus Anda cermati. Tinggal di Jakarta harus selalu siap dengan risiko terjebak macet. Oleh karena itu, pilih waktu keberangkatan yang lebih awal guna mengantisipasi hal tersebut. Contoh, resepsi diselenggarakan di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pukul 19.00. Sementara rombongan akan berangkat dari daerah Blok M, Kebayoran Baru. Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh, lebih aman jika rombongan berangkat pukul 17.00.

Menyewa Mobil Bus

Menyewa Mobil Bus - Perhatikan Faktor Ini Sebelum Menyewa Mobil Bus untuk Acara Pernikahan

Menyewa Mobil Bus – Perhatikan Faktor Ini Sebelum Menyewa Mobil Bus untuk Acara Pernikahan – tribunnews

 

Setelah mendapat rundown acara resepsi pernikahan, lengkap dengan informasi tempat dan waktu pelaksanaan acara, sekarang waktunya mencari bus pariwisata yang bisa memfasilitasi kebutuhan Anda. Agar tidak perlu membuang waktu membandingkan PO bus mana yang memberikan harga terbaik, datang saja ke agen sewa bus pariwisata. Biasanya, sudah tersedia daftar PO bus apa saja yang telah bermitra dengan agen. Harga yang diberikan juga bisa lebih murah daripada PO bus langsung.

Agar proses penyewaan mobil bus berjalan lancar, perhatikan faktor-faktor berikut ini.

Detail informasi tanggal penyewaan

Seharusnya Anda sudah bisa memberikan detail yang pasti tentang kapan akan menyewa bus, mengingat Anda sudah punya rundown acara pernikahan. Langsung sebutkan tanggal yang dimaksud, sehingga agen sewa bus bisa mengecek ketersediaan armada.

Jenis dan jumlah armada yang akan disewa

Jenis dan jumlah armada yang akan disewa - Perhatikan Faktor Ini Sebelum Menyewa Mobil Bus untuk Acara Pernikahan

Jenis dan jumlah armada yang akan disewa – Perhatikan Faktor Ini Sebelum Menyewa Mobil Bus untuk Acara Pernikahan – busesworldwide

 

Ini terkait berapa jumlah orang dalam rombongan keluarga. Pikirkan juga akses ke lokasi penjemputan dan tujuan, apakah mudah dilalui big bus atau lebih pas jika menyewa medium bus.

Lokasi penjemputan dan tujuan

Tetapkan lokasi penjemputan dan tujuan yang spesifik. Pastikan juga berapa jumlah perjalanan yang akan dilakukan, apakah hanya untuk satu kali trip pulang pergi atau mampir ke tempat tertentu. Jika informasi sudah detail di awal, agen juga akan mudah mengomunikasikannya dengan driver yang bertugas.

Lama pemakaian

Berapa lama bus akan disewa jelas memengaruhi harga sewa. Untuk pemakaian dalam kota saja, ada pilihan 4 jam, 8 jam, atau 12 jam. Perhitungkan dengan cermat agar tidak sampai terjadi over time.

Booking segera setelah konfirmasi ketersediaan armada

Booking segera setelah konfirmasi ketersediaan armada - Perhatikan Faktor Ini Sebelum Menyewa Mobil Bus untuk Acara Pernikahan

Booking segera setelah konfirmasi ketersediaan armada – Perhatikan Faktor Ini Sebelum Menyewa Mobil Bus untuk Acara Pernikahan – images.detik

 

Setelah agen memastikan armada tersedia, Anda harus segera melakukan booking. Hal ini penting untuk menjaga status sewa bus tersebut. Apalagi, permintaan sewa mobil bus biasanya tinggi pada musim pernikahan.

Siapkan kartu e-toll dan uang parkir

Pastikan juga Anda telah menganggarkan uang tol dan uang parkir untuk perjalanan iniā€”jika memang harus lewat tol. Biasanya biaya sewa hanya dikenakan pada sewa bus saja, tidak termasuk uang tol dan uang parkir. Kebanyakan orang sering lupa akan hal ini saat menyewa bus. Akibatnya, malah merepotkan driver karena mereka memang tidak dibekali uang untuk membayar tol dan parkir yang memang menjadi tanggung jawab penyewa.

Itulah faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum menyewa mobil bus untuk acara pernikahan. Jika masih bingung menentukan mana jenis armada yang tepat, Anda tidak perlu khawatir. AJB Tour & Trans akan membantu menemukan armada transportasi yang pas sesuai anggaran dan kebutuhan Anda.