Seperti kita ketahui bus triple axle yang dikenal sebagai bus tronton masuk dalam kelas bus premium di Indonesia. Saat ini bus tronton didominasi merek asal Eropa yaitu Mercedes-Benz, Scania, Hino, MAN, dan yang terbaru Volvo.

Bus dengan tiga sumbu roda ini digunakan sebagai bus jaringan Trans Jakarta serta sebagian digunakan sebagai bus antarkota. Untuk bus antar kota, perusahaan otobus menggunakan bodi bus single deck dan bus double deck atau bus tingkat.

Nah, inilah 3 jenis sasis luxury bus di Indonesia yang perlu Anda ketahui.

 

Bus Mercedes Benz

Bus Mercedes Benz - Ini 3 Jenis Mesin Luxury Bus di Indonesia

Bus Mercedes Benz – Ini 3 Jenis Mesin Luxury Bus di Indonesia – trend

 

Di masa jayanya era tahun 1970-1990-an luxury bus banyak memakai Mercedes-Benz seri OF 1113 (Omni Front/mesin depan). Bus legendaris ini begitu berjaya dan banyak dipakai oleh bus angkutan penumpang PPD dan Antar Kota Antar Propinsi.  Setelah itu hadir seri OH (Omni Hinten/mesin belakang) dimulai dari seri OH 1113, 1518, 1521, 1526, 1626 sampai 1836.

Sementara di pameran GIICOMVEC bulan Maret 2018 lalu, Mercedes-benz menghadirkan kembali sasis bus besar baru bermesin depan OF 1623. OF 1623 mengusung mesin diesel 6.370 cc 6-silinder Mercedes-Benz OM 906 LA Euro 3.  Sasis bus OF 1623 ini memiliki gros vehicle value 16 ton dan bertenaga 230 horse power.

Bus ini jelas berkompetisi dengan Hino A215, yang  menjadi favorit para operator bus antarkota jarak menengah. Seluruh bus OF 1623 dibuat dengan fokus keselamatan tertinggi konsumen. Fitur yang dimiliki antara lain pengereman full air brake dengan auto slack adjuster, suspensi per daun tipe parabolic dengan stabilizer nyaman serta sasis tipe ladder frame.

 

Scania

Scania - Ini 3 Jenis Mesin Luxury Bus di Indonesia

Scania – Ini 3 Jenis Mesin Luxury Bus di Indonesia – indafoto

 

Scania K410IB 6×2*4 menjadi kompetitor besar dari Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 yang lebih dulu ada. Scania K410IB 6×2*4 ini, selain irit konsumsi  bahan bakar juga merupakan mesin diesel ramah lingkungan sesuai standar Euro 3.

Scania K410IB 6X2*4 dilengkapi  fitur transmisi canggih Opticruise dengan tenaga maksimum 410 horse power, terpaut sedikit dari OC 500 RF yang bertenaga 420 horse power.

Scania K410IB masuk sebagai bus luxury pariwisata yang memberikan kenyamanan maksimal di kabin. Salah satu contoh bus ini adalah luxury bus dari PO Satria Muda, Purwokerto. Bus Scania K410IB 6×2*4 ini bertenaga besar dengan bodi pabrikan Karoseri Adi Putro. Bus ini istimewa karena sebagai bus pertama yang memiliki spesifikasi  kaki- kaki 3. Kabin bus ini mampu memuat 41 seat.

Bus ini dilengkapi fitur Fast Boarding yang dikendalikan dengan Electronic Levelling Control (ELC) sehingga dapat mengatur ketinggian bus untuk mempermudah akses jalan penumpang. Fitur keamanan maksimum memakai Electronic Braking System (EBS) dan Anti Lock Brake System (ABS), bus stop brake, retarder,  dan fitur hill hold agar bus saat berhenti di tanjakan tidak mengalami rollback.

 

Hino

Hino - Ini 3 Jenis Mesin Luxury Bus di Indonesia

Hino – Ini 3 Jenis Mesin Luxury Bus di Indonesia – tvnewsclips

 

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) di GIIAS 2017 memajang bus baru khusus di segmen pariwisata. Bus ini dianggap sangat sesuai untuk perjalanan jarak jauh antarkota antarpropinsi. Bus ini memang memiliki tenaga lebih yang dihadirkan untuk mengimbangi performa bus kompetitor.

Bus yang disebut RM 380  ini memiliki tenaga badak 380 PS dan bobot 18 ton, menyaingi merek Scania dan Mercedes-Benz. RM 380 merupakan versi penyempurnaan RK Series yang banyak digunakan bus angkutan umum  dari Trans Jakarta hingga bus AKAP.

Kelebihan RM 380 ini adalah mesin E13C-UT Common Rail yang lebih efisien. Sasis tipe modular menjadikan bagasi di dek bawah ruangannya semakin luas, hingga mampu  menampung puluhan sepeda motor.

Salah satu contoh luxury bus bermesin Hino adalah bus milik PO Harapan Jaya buatan  karoseri Laksana. Bus ini memiliki jok mewah konfigurasi 2-2 dan terdapat sofa di bagian belakang, ruangan merokok, dan toilet. Harga sasis bus ini sekitar Rp750 jutaan dan bila sudah dalam bentuk bus mencapai Rp1.3 miliar.

Nah, ingin merasakan keandalan ketiga mesin bus tronton di atas? Segera kunjungi situs www.jasabuspariwisata.com untuk mendapatkan informasi data dan harga tiket bus luxury terkini dengan mesin terbarunya!