jasabuspariwisata-jalur-sendang-biru-turen-menjadi-jalan-nasional-akses-ke-obyek-wisata-semakin-lancar

jasabuspariwisata-jalur-sendang-biru-turen-menjadi-jalan-nasional-akses-ke-obyek-wisata-semakin-lancar

Jalan antara Sendang Biru hingga Turen sepanjang 45 kilometer dipastikan oleh Pemkab Malang statusnya berubah dari jalan provinsi menjadi jalan Nasional. Ini berarti ruas jalan tersebut nantinya akan diperlebar sesuai dengan standar jalan Nasional.

Apabila jalan penghubung antara Turen hingga Sendang Biru tersebut menjadi jalan nasional maka arus transportasi menuju ke Sendang Biru yang dikenal sebagai obyek wisata pantai Selatan Kabupaten Malang akan semakin lancar, kata Bupati Malang, H Rendra Kresna.

Moda transportasi angkutan besar seperti armada Bus Pariwisata nantinya akan lebih mudah melewati jalan tersebut.

H Rendra Kresna, Minggu (12/11/2017) mengatakan, “Makanya, kami sambut positif dinaikkannya status jalan Turen-Sendang Biru sebagai jalan Nasional.”

Sudah sejak lama sebenarnya Pemkab Malang bersama DPRD Kabupaten Malang mengkaji pembangunan jalan tembus antara Pantai Sendang Biru dengan Pantai Lenggoksono, sebut H Rendra Kresna.

Namun dari hasil kajian pembangunan jalan tembus tersebut diketahui sulit dilakukan. Dikarenakan kondisi geografisnya tidak memungkinkan untuk dibangun jalan berstatus Nasional.

Karena jalan akan berliku-liku dengan kecepatan kendaraan berkisar antara 10 – 20 km. Sedangkan untuk bisa berstatus sebagai jalan Nasional maka jalan tersebut harus bisa dilalui kendaraan dengan kecepatan di kisaran 60 km.

H Rendra Kresna menegaskan, “Itulah mengapa hingga kini pembangunan jalan Nasional  dari Pantai Sendang Biru hingga menembus Pantai Lenggoksono tidak bisa dilaksanakan hingga sekarang.”

Padahal, jika antara Pantai Balekambang bisa terhubung dengan jalan ke Pantai Lenggoksono maka nilai wisatanya cukup besar bagi wilayah Kabupaten Malang. Mengapa demikian, dikarenakan di wilayah sepanjang pesisir pantai Selatan tersebut pemandangan alamnya cukup indah dan sangat menarik.

H Rendra Kresna mengatakan, “Kalau ada kajian studi kembali untuk bisa membangun jalan tembus Sendang Biru dengan Lenggoksono maka kami akan menyambut baik.”

Pembangunan jalan di wilayah Kabupaten Malang saat ini terus dilakukan Pemkab Malang, kata Romdhoni Kepala Dinas PU Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang. Terutama sekali untuk pembangunan jalan penghubung ke obyek wisata alam di sepanjang Pantai Selatan Kabupaten Malang.

Romdhoni mengatakan,”Kami perkirakan jalan penghubung di obyek wisata pantai selatan yang rencana akan dibangun mencapai sekitar Rp 100 km.”

Namun karena kekuatan APBD Kabupaten Malang terbatas, maka ada sejumlah jalan yang statusnya diusulkan menjadi jalan Provinsi. Sejumlah ruas jalan provinsi diusulkan statusnya menjadi jalan Nasional. Dengan demikian kewajiban Pemkab Malang untuk mengelola panjang jalan akan menurun.

Romdhoni pun menuturkan, “Untuk itu, kamipun berharap usulan status jalan tersebut bisa diterima oleh Pemerintah Pusat atau Pemprov Jatim. Karena hal itu sebagai salah satu langkah dalam menghadap terbatasnya kekuatan APBD Kabupaten Malang.”

( Baca juga: Polisi Desak Jalur Darurat di Flyover Kretek Brebes Segera Dibangun )

Sumber: suryamalang.tribunnews.com