Kebutuhan transportasi darat berkapasitas besar memang semakin tinggi. Banyaknya acara-acara seperti gathering kantor, studi banding, rekreasi sekolah, rapat dinas di luar kota, hingga arisan dan mudik menjadikan akomodasi bus wisata kian populer. Pasalnya dibandingkan membawa mobil sendiri sejumlah beberapa unit, efektivitas dan efisiensi menggunakan armada yang satu ini lebih baik.

Memilih bus wisata pun merupakan perkara yang gampang-gampang susah. Gampang karena sekarang ada banyak pihak yang menyediakan jasa penyewaan bus pariwisata, sementara susah karena biasanya pertimbangan harga yang kurang sesuai dengan bujet.

Meski umumnya harga menjadi hal yang paling dijadikan pertimbangan saat memilih transportasi wisata berukuran besar ini, hal tersebut tidaklah semestinya menjadi satu-satunya penentu. Ada banyak hal lain yang juga perlu diperhatikan saat memilih akomodasi ini untuk membuat perjalanan nyaman dan aman seperti berikut ini.

Fleksibilitas Paket dan Harga

Fleksibilitas Paket dan Harga - 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Fleksibilitas Paket dan Harga – 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman – uangonline

 

Masing-masing penyedia jasa bus telah menentukan paket perjalanan berikut harga yang ditawarkan. Namun tidak jarang, paket tersebut tidak mengakomodasi kebutuhan atau keinginan pelanggan.

Maka dari itu, memilih penyedia yang dapat memberikan fleksibilitas paket dan harga sangatlah penting. Mereka biasanya akan lebih terbuka dengan rencana perjalanan Anda sesuai bujet yang dipersiapkan. Mereka juga akan membantu Anda untuk tetap dapat melakukan perjalanan, tetapi dengan penyesuaian anggaran.

Skema Pembayaran Bus Wisata Pilihan

Skema Pembayaran Bus Wisata Pilihan - 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Skema Pembayaran Bus Wisata Pilihan – 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman – RiyardiArisman

 

Kebijakan terkait skema pembayaran ini berbeda antara satu penyedia dan penyedia lainnya. Anda tidak dapat menyamaratakan antara satu provider dengan provider yang lain, karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Anda akan diminta untuk membayar sejumlah DP sebagai tanda jadi. Umumnya, besarnya uang muka minimal adalah 30% dan dibayarkan paling lama 3 hari setelah melakukan pemesanan. Sisanya harus dilunasi maksimal beberapa hari sebelum keberangkatan.

Variasi Opsi Armada

Variasi Opsi Armada - 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Variasi Opsi Armada – 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman – googleusercontent

 

Penyedia jasa sewa bus wisata yang profesional dan terkemuka menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai PO profesional dan terkemuka pula. Karena itu, mereka memiliki banyak pilihan armada terbaik dari berbagai kelas.

Seperti AJB Tour & Trans misalnya, kami menyediakan berbagai armada dari PO bus terbaik di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan berbagai kota lain di Indonesia. Kapasitasnya pun beragam, mulai dari tipe ELF, Coaster, Sprinter, Hiace, Medium Bus, hingga Premium.

Kondisi Bus Wisata yang Akan Digunakan

Kondisi Bus Wisata yang Akan Digunakan - 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Kondisi Bus Wisata yang Akan Digunakan – 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman – Crazybusindonesia

 

Selain kenyamanan, faktor keselamatan harus menjadi prioritas Anda. Sesuai arahan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), masyarakat perlu memerhatikan kondisi dari aspek keselamatan bus yang akan disewa.

Tak hanya hal teknis seperti mesin-mesin armada yang berada dalam kondisi baik, hal-hal lain yang turut menunjang faktor keselamatan juga perlu diperhatikan. Sebagai contoh, parameter yang dapat dilakukan adalah melakukan kroscek apakah sopir berstatus karyawan perusahaan tersebut dan pernah mengikuti pelatihan bus defensive safety driving dan bersertifikat.

Waktu Reservasi dan Keberangkatan

Waktu Reservasi Keberangkatan - 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Waktu Reservasi Keberangkatan – 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman – okeinfo

 

Anda bukanlah satu-satunya pihak yang membutuhkan jasa bus wisata. Maka dari itu, pertimbangan timing saat melakukan reservasi dan jadwal keberangkatan perlu dipersiapkan sebaik mungkin.

Hindari memilih jadwal keberangkatan pada high season. Jika memang terpaksa, maka jangan melakukan reservasi secara dadakan. Anda bisa memesan bus jauh-jauh hari agar tidak kehabisan.

Kredibilitas Penyedia Jasa Sewa Bus Wisata

Kredibilitas Penyedia Jasa Sewa Bus Wisata - 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman

Kredibilitas Penyedia Jasa Sewa Bus Wisata – 6 Tips Memilih Bus Wisata untuk Perjalanan yang Nyaman dan Aman – Deskgram

 

Background perusahaan penyedia jasa busa pariwisata pun tidak luput dari daftar yang harus Anda lakukan. Di zaman serba canggih yang memungkinkan pencarian informasi menjadi jauh lebih mudah, tidak ada salahnya Anda melakukan tracking kredibilitas bisnis tersebut.

Perusahaan-perusahaan terkemuka biasanya bukan hanya terkenal karena fasilitasnya. Mereka juga memiliki profesionalisme tinggi yang didukung kepemilikan sertifikat tingkat keselamatan yang tinggi.

Nah, itulah enam hal yang wajib Anda perhatikan saat memilih bus wisata. Semoga bermanfaat!