Bus merupakan salah satu jenis transportasi umum yang memiliki banyak penggemar setia. Kebanyakan orang menyukai bus karena jenisnya beragam. Mulai dari jenis ekonomi hingga super mewah. Di lapangan, bus biasa dan bus VIP dicap sebagai bus yang paling banyak digunakan.

Lantas apa perbedaannya? Simak keunggulan bus kelas VIP ketimbang bus biasa di bawah ini.

 

Kursi

kursi - 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa

kursi – 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa – blogspot

 

Kursi bus kelas VIP lebih nyaman dibandingkan dengan kursi bus biasa. Bahan material yang digunakan berbeda. Kursi kelas VIP lebih empuk dengan sandaran kaki dan tangan, ruang yang lebih luas, dilengkapi penutup, dan tempat minum di bagian belakang kursi penumpang.

Sementara itu, kursi bus biasa cukup keras dengan jarak bagian depan dan samping kursi dekat; tanpa dilengkapi dengan sandaran tangan dan kaki, dan tempat minum layaknya bus kelas VIP.

 

Kapasitas Penumpang

Kapasitas Penumpang - 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa

Kapasitas Penumpang – 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa – traveloka

 

Umumnya, konfigurasi kursi untuk bus ekonomi cukup padat, yakni 3-2. Dengan pengaturan seperti ini,  alat transportasi tersebut mampu menampung hingga 59 penumpang.

Sayangnya, konfigurasi ini menghabiskan banyak tempat sehingga antarkursi berjarak cukup dekat. Barangkali kondisi ini tidak jadi masalah saat bus dalam keadaan sepi, tetapi ketika penumpang ramai, bus terasa penuh sesak.

Ketimbang bus biasa, konfigurasi bus kelas VIP lebih nyaman, yakni 2-2. Pengaturan tersebut membuat jarak antara kursi lebih lega, penumpang pun dapat berselonjor kaki dengan mudah. Dengan konfigurasi 2-2, daya tampung maksimal penumpang mencapai 28 orang.

 

Fasilitas

Fasilitas - 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa

Fasilitas – 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa – beritatrans

 

Fasilitas bus ekonomi terkesan biasa saja, sangat sederhana, tanpa dilengkapi dengan AC, music player, dan LCD TV. Meski ada sebagian bus ekonomi yang telah menggunakan AC, tetapi fasilitasnya tak jauh berbeda. Hanya ada penambahan TV dan pemutar musik.

Dari sisi fasilitas, bus VIP jelas lebih unggul. Bus ini dilengkapi dengan pendingin ruangan, LCD, music player, selimut, bantal, WiFi, dan toilet. Tak hanya itu saja, bus kelas VIP pun menawarkan servis tambahan berupa camilan dan makan gratis.

 

Harga

Harga - 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa

Harga – 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa – filckr

 

Sesuai dengan fasilitas yang diberikan, harga bus ekonomi lebih murah dibandingkan harga bus kelas VIP. Tarif yang dipatok bus kelas VIP mencapai dua kali lipat dari harga bus biasa. Hal ini sangat wajar, mengingat perbedaan layanan dan fasilitas.

 

Kenyamanan

Kenyamanan - 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa

Kenyamanan – 5 Keunggulan Bus VIP ketimbang Bus Biasa – metrotvnews

 

Bus kelas VIP jelas lebih nyaman ketimbang jenis ekonomi. Dengan konfigurasi tempat duduk 2-2, Anda tidak perlu berdesakan atau merasa sesak. Transportasi ini pun akan tetap beroperasi meskipun kursi penumpang tidak terisi penuh. Bahkan jika hanya terdapat lima orang saja, bus kelas VIP tetap berangkat sesuai dengan jadwal. Tak hanya itu saja, bus kelas VIP tidak mengangkut orang di sembarang tempat, biasanya hanya berhenti di terminal atau pool bus.

Hal ini sangat berbeda dengan bus biasa; Anda harus bersabar menunggu kursi penumpang penuh, setidaknya terisi sebagian besar. Bus ekonomi kurang begitu memperhatikan waktu keberangkatan. Biasanya, bus akan berangkat setelah waktu ngetem usai. Durasinya bervariasi, sekitar 15 menit hingga satu jam.

Dibandingkan dengan bus kelas VIP, jenis ekonomi kurang nyaman. Terlebih jika kondektur membiarkan kapasitas melebihi daya tampung, yakni hingga terisi penuh, nyaris tanpa menyisakan ruang.

Selain itu, bus biasa pun lebih sering berhenti saat penumpang hendak turun. Meski bus ekonomi memiliki sejumlah titik henti, tetapi bus ini akan berhenti ketika ada penumpang yang membutuhkan kendaraan.

Itulah sejumlah perbedaan bus kelas VIP dengan bus biasa. Jelas bus VIP lebih unggul, baik dari sisi fasilitas hingga kenyamanan. Meski harganya jauh lebih mahal, tetapi sesuai dengan apa yang akan Anda dapatkan nantinya. Jika Anda berencana untuk liburan atau mengadakan tur bersama keluarga besar, pastikan untuk menghubungi AJB Tour & Trans melalui website atau hotline di nomor 0812-7671-4995.