Bus pariwisata adalah salah satu solusi transportasi terbaik kalau Anda ingin melancong dengan banyak orang. Dengan menggunakan bus ini, Anda bisa mengunjungi banyak tempat dengan mudah ketimbang menggunakan kendaraan umum. Selanjutnya, bus pariwisata juga memiliki bagasi besar, nyaman, dan bisa disesuaikan dengan jumlah orang.

Terpenting dari semuanya, bus pariwisata memiliki cukup banyak fasilitas. Anda bisa menikmati perjalanan dengan nyaman, aman, dan murah. Ketimbang alat transportasi lain bus pariwisata memberikan kelebihan sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menyewanya. Lakukan order atau penyewaan di www.jasabuspariwisata.com.

Oh ya, kembali lagi ke bahasa utama dari artikel ini. Kalau Anda ingin mengenal lebih banyak tentang tipe dan jenis bus pariwisata, simak ulasan di bawah ini. Kami sudah menyarikan beberapa info bus pariwisata dari beberapa otobus di Indonesia.

Tipe Bus Pariwisata

Pada bagian ini kita akan membahas tipe bus pariwisata berdasarkan ukuran dan juga kelas. Simak selengkapnya ulasan di bawah ini.

Bus Pariwisata Berdasarkan Ukuran

Secara umum ada tiga jenis bus pariwisata di Indonesia kalau dikelompokkan berdasarkan ukurannya.

Big Bus

Big Bus - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Big Bus – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – Pinterest

 

Big bus atau bus besar biasanya memiliki ukuran 1211,4 cm x 246 cm x 287,7 cm. Bus jenis ini memiliki ukuran cukup besar dan panjang sehingga bisa menampung banyak penumpang. Satu bus pariwisata ukuran besar bisa menampung hingga 50 penumpang dengan tempat duduk bervariasi. Ada yang berjenis 2-2 dan ada juga yang berjenis 2-3.

Dengan ukuran yang cukup besar ini, big bus cocok untuk membawa rombongan pariwisata seperti study tour atau untuk mengunjungi tempat bersejarah lainnya. Haga sewa bus ini cukup terjangkau, terlebih kalau Anda melakukannya di AJB Tour & Trans.

Oh ya, meski bus besar memiliki banyak kelebihan, bus ini juga memiliki sedikit kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah susah menjangkau tempat wisata yang agar terpencil atau tidak memiliki parkiran yang luas. Jadi, sewa bus ini jika tempat wisatanya mudah dijangkau.

Medium Bus

Medium Bus - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Medium Bus – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – nusatrans

 

Jenis bus pariwisata kedua yang ada di Indonesia adalah medium bus. Bus jenis ini memiliki ukuran sekitar 779 cm x 260 cm x 225 cm. Saat penuh, bus ini mampu menampung hingga 30-an penumpang. Jumlah itu bisa naik atau turun tergantung ada atau tidaknya toilet jalan yang berada di pojok belakang bus.

Medium bus cocok untuk kegiatan pariwisata dengan jumlah pelancong tidak terlalu banyak. Misal untuk kegiatan studi banding dari instansi atau menjelajahi situs Walisongo yang menyebar di beberapa daerah di Indonesia.

Karena ukurannya tidak terlalu besar, bus jenis ini bisa digunakan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang minim parkiran. Selama parkirannya tidak benar-benar sempit, bus ini bisa masuk dan membawa Anda ke tempat wisata idaman.

Mini Bus

Mini Bus - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Mini Bus – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – Automotivexist

 

Mini bus biasanya mampu menampung penumpang hingga 20-an orang. Dengan ukuran 501,5  cm x 305 cm x 169,5 cm busa bisa digunakan untuk berbagai acara yang sifatnya lebih personal. Misal Anda menyewa bus ini untuk acara keluarga atau dengan beberapa teman dekat yang jumlahnya tidak terlalu banyak.

Beberapa modifikasi dari bus kecil ini juga bisa digunakan untuk 10-15 orang. Mini bus jenis Coaster, Spinter, Hi-Ace, dan ELF bisa dijadikan alternatif kalau jumlah teman untuk melancong tidak terlalu banyak.

Karena ukurannya tidak terlalu besar, bus jenis kecil bisa diandalkan untuk berbagai tujuan yang agak terpencil sekali pun. Jadi, kalau Anda ingin menjelajahi banyak tempat dengan mudah dan aman, bus pariwisata ini bisa diandalkan.

Bus Pariwisata Berdasarkan Kelas

Bus Pariwisata Berdasarkan Kelas - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Bus Pariwisata Berdasarkan Kelas – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – ompile

 

Setidaknya ada lima jenis kelas dari bus pariwisata yang bisa digunakan untuk melancong ke seluruh penjuru Indonesia.

Ekonomi

Bus jenis ini biasanya memiliki konfigurasi tempat duduk 3-2 Dengan konfigurasi ini jumlah penumpang yang diangkut akan banyak. Oh ya, karena fungsinya untuk bus pariwisata, meski ekonomi sudah ada fasilitas AC untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Patas

Bus patas biasanya digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Yang membedakannya dengan bus ekonomi adalah adanya reclining seat. Kursi dari bus bisa dimajukan atau dimundurkan sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan kenyamanan. Bus jenis patas biasanya memiliki konfigurasi kursi 3-2 atau 2-2 dan sudah menggunakan AC.

VIP Class

Bus jenis ini biasanya berjenis medium dengan jumlah penumpang sekitar 30-an orang. Yang membedakan dengan jenis patas adalah adanya fasilitas lain seperti selimut atau makan prasmanan untuk perjalanan jarak jauh. Untuk konfigurasi tempat duduk biasanya setiap karoseri memiliki gaya yang berbeda-beda.

Executive Class

Kelas executive memiliki hampir semua fasilitas pada VIP. Tambahan yang diberikan biasanya terdiri dari sandaran kaki, makanan ringan di dalam bus, dan adanya koneksi internet nirkabel. Fasilitas seperti ini tergantung dengan karoseri yang menyediakan layanannya.

Luxury Class

Bus dengan kelas ini memberikan banyak layanan premium. Jumlah penumpangnya tidak banyak, kursi empuk, dan nyaman untuk istirahat. Tidak semua karoseri menyediakan layanan bus ini. Namun, Anda bisa memesannya secara langsung di AJB Tour & Trans.

Perusahaan Otobus di Indonesia

Ada cukup banyak perusahaan otobus di Indonesia. Berikut beberapa karoseri terbaik yang bisa dijadikan acuan sebelum menyewa.

White Horse

White Horse - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

White Horse – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – tandaseru

 

White House adalah salah satu otobus terbaik di Indonesia yang sudah berdiri selama 37 tahun. Otobus dengan perusahaan resmi bernama PT. WEHA Transportasi Indonesia, Tbk ini juga sudah memegang sertifikasi ISO 9001: 2008 dan OHSAS 18001: 2007 untuk seluruh operasi yang dilakukan.

Layanan dari White Horse mencakup pada penanganan transportasi di bandara, pernikahan, antar-jemput karyawan dari perusahaan tertentu, bus sekolah, transportasi MICE.

White Horse juga menangani perusahaan nasional dan multinasional seperti perbankan, telekomunikasi, dan migas. Terakhir, White Horse juga bekerja sama dengan beberapa penyedia jasa tur seperti AJB Tour & Trans untuk layanan bus pariwisata.

Panorama

Panorama - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Panorama – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – jakartarentbus

 

Layanan Panorama dimulai pada tahun 1972. Awalnya perusahaan ini masih kecil dan hanya melayani perjalanan wisata dari beberapa turis baik dalam dan luar negeri. Setelah beberapa tahun berselang, perusahaan yang dominan dengan warna oranye ini mulai menjadi pionir penyedia bus pariwisata andalan di Indonesia.

Saat ini Panorama menyediakan setidaknya tiga jenis bus pariwisata dengan karoseri Adi Putro Malang. Bus yang dibuat di sini memiliki banyak keunggulan baik dari segi desain interior, eksterior, hingga kenyamanan yang ditawarkan kepada pengguna.

Bus pariwisata yang disediakan oleh Panorama memiliki kru yang andal. Jadi apa pun jenis bus yang dipilih entah itu jenis biasa atau jenis premium yang sarat fasilitas, Anda akan mendapatkan kenyamanan selama melakukan perjalanan wisata.

Arion Transport

Arion Transport - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Arion Transport – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – ariontransport

 

Arion Transport adalah salah satu otobus paling tua di Indonesia yang masih eksis hingga sekarang. Arion hadir pada tahun 1969 untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang aman, berkualitas, dan nyaman. Sebelum Arion hadir, perusahaan ini masih bernama IKARUS dan dijalankan oleh CV Kawan & Co.

Setelah mengalami pasang dan surut sebuah perusahaan bernama TP Arion Indonesia Transport terbentuk. Perusahaan ini menjadi induk dari usaha Arion Transport yang saat ini sudah melayani banyak sekali tujuan di Indonesia termasuk menyediakan bus pariwisata yang berkualitas dan bisa disewa degan mudah.

Ada tiga jenis bus yang disediakan oleh Arion Transport. Bus itu terdiri dari bus dengan tempat duduk 48 atau 59. Selanjutnya 33 atau 29 penumpang. Setiap bus yang ditawarkan sudah termasuk dengan sopir, bahan bakar, AC yang dingin, hiburan berupa TV dan juga musik yang cukup lengkap.

Bus Pariwisata Subur Jaya

Bus Pariwisata Subur Jaya - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Bus Pariwisata Subur Jaya – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – Ayonaikbis

 

Subur Jaya adalah salah satu perusahaan otobus yang paling banyak diburu oleh para pencinta fotografi. Salah satu keunikan dari bus ini adalah warnanya yang beraneka ragam. Selain itu bodi luar dari bus ini juga unik sehingga cocok untuk objek fotografi. Lebih lanjut, nama dari setiap armada bus kerap mengambil nama superhero terkenal.

Subur Jaya menyediakan aneka bus pariwisata dengan model terbaru dan diambil dari berbagai karoseri terbaik di Indonesia. Ada bus jenis Jetbus 2 SHD dari karoseri Adu Putro. Selanjutnya ada New Legacy Sky SR 2 dari Karoseri Laksana. Bus-bus ini menjadi perusahaan untuk menggaet banyak penumpang.

Jetbus 2 SHD yang diusung dari Adi Putro diwarnai biru oleh Subur Jaya. Selain itu, bus ini juga dinamai Subur Jaya Transformer karena bentuknya mirip dengan bus dalam film Transformer yang disukai banyak orang. Terakhir ada Subur Jaya Avanger dengan warna kuning yang mencolok.

TRAC

TRAC - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

TRAC – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – Jalurbus

 

TRAC adalah salah satu perusahaan otobus yang ada di bawah perusahaan besar PT Astra International. Dengan pengalam selama 28 tahun menangani perjalanan dan penyewaan kendaraan di kawasan bisnis dan pariwisata, TRAC mulai mengembangkan sayap ke layanan sewa bus pariwisata yang bisa dilakukan oleh instansi atau perorangan.

TRAC memiliki cukup banyak service point dan brance di Indonesia. Selain itu ada juga puluhan outlet yang melayani penyewaan berbagai kendaraan. Kalau Anda ingin menyewa bus dari TRAC, dilakukan lakukan di AJB Tour & Trans. Dengan menyewa bus pariwisata di sini, Anda tidak perlu memikirkan hal-hal rumit dan hanya perlu membayar ongkos sewa saja.

Bus pariwisata yang disediakan oleh TRAC terdiri dari beberapa jenis. Ada bus ukuran kecil untuk disewa keluar, bus sedang untuk perusahaan, atau bus besar yang bisa disewa oleh sekolah yang ingin melakukan perjalanan wisata.

Aerotrans

Aerotrans adalah nama salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang otobus di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1988 di bawah PT Mandira Erajasa Wahana. Perusahaan ini melayani dan mendukung salah satu maskapai penerbangan di Indonesia untuk mengangkut penumpang dari dan ke pesawat dengan mudah.

Perusahaan otobus ini juga bekerja sama dengan banyak instansi untuk melayani perjalanan bisnis dengan dan mudah. Saat ini Aerotrans juga menyediakan persewaan beberapa kendaraan seperti mobil yang berukuran besar, sedang, dan kecil. Penyewa bisa menentukan sendiri ukuran mobil sesuai dengan kebutuhan.

Lebih lanjut, perusahaan ini juga menyediakan layanan sewa bus pariwisata dengan armada yang cukup lengkap. Perusahaan otobus ini menyediakan bus degan kelas eksekutif yang akan memberikan kenyamanan pada penggunanya, Selanjutnya, ukuran dari bus juga bisa disesuaikan dengan keburukan. Tersedia bus dengan ukuran kecil, sedang, dan besar.

Big Bird

Big Bird - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Big Bird – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – busesworldwide

 

Big Bird adalah salah satu layanan penyewaan bus di bawah perusahaan Blue Bird Group. Bus Big Bird ini hadir di beberapa kota besar di Jawa dan Bali seperti Jakarta, Denpasar, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Armada bus siap melayani penyewaan untuk berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Untuk keperluan bus pariwisata yang permintaannya cukup tinggi Big Bird menyediakan beberapa jenis bus yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ad abus kategori kecil atau mini bus dengan kursi 10 atau 14. Selanjutnya untuk kategori sedang ada kursi 25 atau 35. Terakhir adalah bus besar dengan jumlah kursi 44 atau 54. Setiap bus sudah dilengkapi AC dan reclining seat.

Kalau Anda ingin bus kelas atas yang mewah bisa memilih jenis premium. Bus jenis ini hanya memiliki 12 kursi mewah dan dilengkapi fasilitas berkelas lainnya. Di dalam bus ada ruang pertemuan pribadi, dapur, layanan chaperone, radio komunikasi, dan juga perangkat LCD TV dan karaoke untuk hiburan.

Antavaya

Antavaya - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Antavaya – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – Crazybusindonesia

 

Antavaya adalah salah satu perusahaan otobus terbaik di Indonesia yang dibangun pertama kali pada tahun 1965. Saat ini perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan transportasi ini memiliki setidaknya 600 pegawai dan juga lebih dari 40 lokasi cabang di seluruh Indonesia mulai dari Sumatera hingga ke Papua.

Pada tahun 2007 silam, Antavaya menjadi bagian dari CT Corp. Seperti yang kita tahu semuanya, CT Corp adalah salah satu grup perusahaan dengan perkembangan tercepat di Indonesia. Dengan penggabungan ini peluang Antavaya untuk terus berkembang tidak bisa dibendung lagi.

Antavaya juga melayani berbagai persewaan kendaraan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Anda bisa menyewa bus pariwisata, bus inter-city, bus untuk instansi baik itu perusahaan atau sekolah, bus untuk karyawan, bus MICE, dan bus untuk berbagai kebutuhan.

Dian Trans

Dian Trans - Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia

Dian Trans – Mengenal Tipe dan Jenis Bus Pariwisata dari Berbagai Otobus di Indonesia – Feedx

 

Dian Trans adalah perusahaan otobus yang bergerak dan berfokus pada penyewaan bus. Dengan pusat berada di Banten, perusahaan ini melayani berbagai kebutuhan pariwisata entah itu city tour, transfer ke bandara, hingga perjalanan selama 2-3 hari ke berbagai daerah yang ada di Pulau Jawa.

Oh ya, Dian Trans menawarkan tiga buah kelebihan dari layanannya. Pertama adalah ramah lingkungan. Semua bus yang digunakan menggunakan teknologi terbaru sehingga hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Bus dari Dian Trans adalah salah satu armada terbersih di dunia.

Kedua adalah biaya yang dibutuhkan untuk menyewa. Dian Trans mematok harga yang lebih terjangkau ketimbang kompetitor. Biaya yang lebih terjangkau ini cocok digunakan untuk keperluan wisata. Penumpang yang menyewa tidak akan terbebani.

Kelebihan ketiga adalah kenyamanan. Ruangan di dalam bus cukup nyaman dan berkelas. Interiornya modern dan fasilitasnya cukup lengkap. Penumpang bisa merasakan AC, hiburan berupa musik dan TV, serta ada tempat penyimpanan di bawah kursi.

Untuk jenis busnya, Anda bisa memulih jenis bus besar dengan kursi 47 atau 59. Selanjutnya bus sedang dengan jumlah kursi 31 dan bus kecil dengan jumlah kursi 15.

Demikianlah ulasan tentang jenis bus dan perusahaan otobus yang ada di Indonesia. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan sebelum menyewa di AJB Tour & Trans.