Pernahkah Anda bingung menentukan bepergian dengan bus atau kereta api? Jika iya, hal tersebut adalah wajar adanya. Sebagian besar orang memang kerap bimbang memilih dua jenis transportasi tersebut. Maklum saja, baik bus dan kereta api sama-sama memiliki pengguna setia.

Jika dulu kereta api lebih unggul dengan sejumlah kelas, seperti ekonomi, bisnis, dan eksekutif, kini bus pun tak mau kalah. Bisa dibilang perkembangan teknologi otomotif turut memengaruhi keberagaman model bus, termasuk kelas bus. Bus di era modern ini terbagi ke dalam sejumlah kelas, yakni ekonomi, patas, VIP, bus eksekutif, dan premium. Masing-masing kelas memiliki keunggulan tersendiri.

 

Perbandingan Antara Bus dan Kereta Kelas Eksekutif

Nah, bagi Anda yang masih bimbang menentukan bus atau kereta api, simak perbandingan antara bus dan kereta kelas eksekutif di bawah ini.

 

Rute

Rute - Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana?

Rute – Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana? – ariontransport

 

Baik kereta api maupun bus memiliki banyak rute. Namun, rute yang dapat dijangkau bus lebih banyak ketimbang kereta api. Hal ini dikarenakan bus menggunakan jalan umum, sedangkan kereta api memiliki jalur khususnya sendiri.

Ketika Anda menggunakan kereta api, Anda tidak bisa sesuka hati menghentikan laju layaknya bus. Anda harus menunggu kereta berhenti di stasiun terdekat.

 

Tempat Duduk

Tempat Duduk - Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana?

Tempat Duduk – Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana? – blogspot

 

Bus eksekutif dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman, pijakan kaki, dan selimut hangat. Anda pun bisa mengatur derajat kemiringan kursi sesuka hati. Umumnya bus jenis ini menawarkan konfigurasi tempat duduk 2-1 sehingga kenyamanan penumpang pun terjamin.

Kereta api eksekutif pun menawarkan tempat duduk yang tak kalah nyaman dengan bantal dan selimut. Hanya saja, tidak semua kereta eksekutif dilengkapi dengan pijakan kaki.

 

Fasilitas

Fasilitas - Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana?

Fasilitas – Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana? – walterialiving

 

Baik bus maupun kereta eksekutif sama-sama menawarkan fasilitas mumpuni, seperti TV, toilet, pendingin udara, dan colokan listrik. Meski demikian, bus kelas eksekutif lebih unggul lantaran menyediakan layar LCD di setiap kursi.

Tak hanya itu saja, Anda tidak akan merasa bosan selama perjalanan berkat fasilitas WiFi gratis. Dengan fasilitas ini, Anda bisa berselancar internet atau streaming video tanpa menghabiskan kuota. Sangat menyenangkan bukan?

 

Durasi Perjalanan

Durasi Perjalanan - Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana?

Durasi Perjalanan – Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana? – flickr

 

Untuk durasi perjalanan, kereta api lebih unggul lantaran memiliki lintasan sendiri. Waktu tempuh lebih pendek. Meskipun terjadi keterlambatan, kereta api tetap lebih cepat ketimbang bus. Maklum saja, bus menggunakan jalur umum. Jika jalanan macet, secara otomatis perjalanan pun terhambat.

 

Harga

Harga - Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana?

Harga – Bus Eksekutif vs Kereta Eksekutif, Pilih Mana? – detik

 

Harga yang dipatok kereta eksekutif berbeda meski dalam rangkaian gerbong yang sama. Kereta eksekutif terbagi ke dalam subclass, yakni kelas A, H, I, J, dan X. Kelas A merupakan kelas termahal, sedangkan kelas X adalah kelas termurah.

Berbeda dengan bus kelas eksekutif yang mematok harga sama. Entah Anda duduk di dekat sopir atau berada jauh di belakang, tarif tetap sama. Umumnya, harga bus tergolong lebih murah ketimbang kereta. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan fasilitas tambahan, yakni satu kali makan, camilan selama perjalanan, dan air minum gratis.

Lain halnya dengan kereta api, harga yang Anda bayar tidak termasuk makan maupun camilan gratis. Jika Anda merasa lapar, Anda bisa memesan melalui Prama, Prami, atau langsung datang ke gerbong kereta makan. Umumnya, harga makanan yang dipatok disesuaikan dengan kelas kereta yang Anda pilih. Semakin tinggi kelas kereta, harga pun semakin mahal.

Nah, setelah melihat perbandingan bus eksekutif dengan kereta eksekutif di atas, mana yang akan Anda pilih? Apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk mengutamakan kenyamanan. Jika Anda membutuhkan jasa sewa bus murah dan tepercaya, pastikan untuk memilih AJB Tour & Trans. Anda dapat melakukan pemesanan melalui website maupun hotline di nomor 0812-7671-4995.