Sebagai pengguna jasa, Anda tentu memiliki hak yang harus dipenuhi penyedia jasa, dalam hal ini agen sewa bus pariwisata. Misalnya, ketika menyewa Blue Star bus, Anda berhak mendapatkan fasilitas standar bus berkelas eksekutif yang berfungsi dengan baik. Anda mungkin bisa menyampaikan keluhan atau komplain jika layanan yang didapat tidak sesuai dengan harga yang dibayar.

Namun demikian, hak selalu datang dengan kewajiban. Maka, sekalipun Anda adalah pengguna jasa, Anda tetap punya kewajiban yang harus dipenuhi selama masa pemakaian bus. Hal ini penting diketahui mengingat kendaraan tersebut bukan milik pribadi, tetapi milik provider bus, yang juga digunakan oleh orang lain. Provider bus pun mencari rezeki dari kendaraan yang Anda naiki, sehingga menjaga kondisi bus sebaik mungkin sudah menjadi kewajiban Anda.

Oleh karena itu, setiap agen sewa bus pariwisata dan provider bus biasanya punya syarat dan ketentuan yang harus disepakati oleh pengguna jasa. Hal ini penting agar jika terjadi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan, penyelesaian dapat dilakukan secara baik-baik alias musyawarah. Konsep win-win solution yang menguntungkan kedua belah pihak tentu jauh lebih adil.

Menyewa Blue Star Bus

Dalam menyewa bus, ada peraturan yang harus Anda ketahui dan wajib dijalani sesuai kesepakatan. Ranahnya juga beragam, mulai dari soal pembayaran, pemakaian, hingga biaya overtime. Semua dibuat demi kenyamanan bersama, baik provider bus, agen sewa bus pariwisata, maupun Anda sebagai pengguna jasa.

Berikut ini peraturan penting yang harus dipatuhi ketika menyewa Blue Star bus.

Booking berlaku jika sudah membayarkan uang muka

Menyewa Blue Star Bus

Booking Blue Star Bus – flickr

 

Pemesanan akan tercatat jika Anda sudah membayarkan uang muka sebagai tanda jadi. Besaran minimal uang muka adalah 30% dari total harga sewa bus. Apabila Anda belum melakukan pembayaran, booking dianggap belum sah. Pihak provider maupun agen sewa bus pariwisata berhak membatalkan, mengganti bus, atau mengalihkan bus kepada penyewa lain.

Lunasi sebelum waktu pemakaian

Lunasi sebelum waktu pemakaian - Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus

Lunasi sebelum waktu pemakaian – Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus – Cari Agen Bus

 

Umumnya agen sewa bus pariwisata menerapkan aturan pelunasan selambatnya H-7 sebelum keberangkatan. Hal ini perlu dilakukan karena pengelola bus harus menyediakan biaya operasional terkait keberangkatan crew-nya dan persiapan kondisi bus agar layak jalan.

Perihal pembatalan

Perihal pembatalan - Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus

Perihal pembatalan – Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus – polink

 

Apabila karena satu dan lain hal Anda terpaksa membatalkan perjalanan, Anda harus segera menghubungi agen sewa bus pariwisata. Setiap pembatalan tentu dikenakan biaya administrasi, kisarannya 30% dari uang muka yang telah dibayarkan. Semakin dekat hari H keberangkatan, jika terjadi pembatalan tentu saja potongan biaya yang diterima juga lebih besar.

Komponen biaya yang tidak termasuk harga sewa

Komponen biaya yang tidak termasuk harga sewa - Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus

Komponen biaya yang tidak termasuk harga sewa – Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus – pendoasion.files.wordpress

 

Harga sewa yang dicantumkan atau disepakati dengan agen sewa bus atau provider hanya untuk biaya operasional bus. Banyak komponen biaya perjalanan yang belum termasuk harga sewa, antara lain tol, parkir, penyeberangan kapal laut, tiket masuk objek wisata, retribusi, hingga tips dan makan crew bus.

Menjaga kebersihan dan keutuhan fasilitas bus

Menjaga kebersihan dan keutuhan fasilitas bus - Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus

Menjaga kebersihan dan keutuhan fasilitas bus – Peraturan Penting yang Harus Dipatuhi Ketika Menyewa Blue Star Bus – Ndewo

 

Poin ini merupakan yang terpenting dalam menyewa bus. Sudah menjadi kewajiban Anda untuk menjaga kebersihan dan keutuhan fasilitas bus selama perjalanan. Contoh sederhana, jangan merokok di dalam bus, tidak sembarangan mengutak-atik peralatan dalam bus tanpa sepengetahuan crew bus, dan siapkan kantong plastik sampah untuk menjaga bus tetap bersih. Jika Anda tertib, crew yang melayani pun juga senang.

Nah, itulah peraturan penting yang harus dipatuhi ketika menyewa Blue Star Bus. Pilihlah agen sewa bus pariwisata tepercaya seperti AJB Tour & Trans untuk memberikan pengalaman perjalanan yang menyenangkan. Ingat, perjalanan aman dan nyaman bukan semata tanggung jawab pengemudi. Namun, Anda juga turut andil dengan menaati peraturan yang ada.